Follow our news chanel

Previous
Next

Guru dan siswa SMPN 20 Depok terserang hepatitis A

Ilustrasi layanan medis, pixabay.com
Guru dan siswa SMPN 20 Depok terserang hepatitis A 1 i Papua
Ilustrasi layanan medis, pixabay.com

“Belum diketahui penyebabnya, apakah dari makanan atau sanitasi sekolah,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Depok, Jubi – Sebanyak 40 siswa SMP Negeri 20 Kota Depok Jawa Barat dan tiga guru terserang penyakit hepatitis A dalam sepekan terakhir ini. Dinas Kesehatan setempat sedang mempelajari penyebab mewabahnya penyakit hepatitis A ke murid dan guru SMPN 20 tersebut.

“Sekolah tidak kami liburkan, kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Depok untuk menangani masalah tersebut,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Muhammad Thamrin di Depok,  belum lama ini.

Baca juga :  Dinkes Deiyai gelar pencegahan dan penanggulangan penyakit menular

Lukas Enembe: Dana Kampung pintu utama penyakit menular seksual

Penyakit menular masih dominan di Jayapura

Loading...
;

Thamrin menyatakan prihatin dengan kondisi yang menimpa para pelajar dan guru yang terjangkit Hepatitis A dalam sepekan terakhir tersebut. Ia mengajak para siswa untuk menjaga kesehatan makannya dengan tidak melakukan jajan di sembarang tempat.

Kepala Sekolah SMPN 20 Depok Komar Suparman, menyatakan wabah penyakit Hepatitis A yang menyerang para pelajar dan guru diketahui pada Rabu (13/11/2019) lalu. Saat itu baru beberapa siswa saja yang terjangkit. “Mereka mengalami gejala letih, lemah, lesu, dan pusing,” kata Komar.

Namun setelah dicek lebih lanjut, penyakit yang mengakibatkan penurunan fungsi liver atau hati itu menular ke pelajar lainnya, bahkan tiga orang guru juga ikut tertular.

Sampai saat ini ia belum mengetahui penyebab persis munculnya wabah hepatitis di lingkungan sekolah yang terletak di Jalan Martadinata RT 09/06, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

“Belum diketahui penyebabnya, apakah dari makanan atau sanitasi sekolah,” katanya.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yang sudah mengambil tindakan penanganan masalah tersebut. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top