Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Guru di sejumlah SMA di Nabire mogok mengajar

Guru di sejumlah SMA di Nabire mogok mengajar 1 i Papua
Siswa – siswi SMA N I Nabire saat meninggalkan sekolahnya akibat tidak ada KBM – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Aksi mogok guru pun terjadi, buntut dari belum terbayarnya Uang Lauk Pauk (ULP) selama setahun. Hari ini, jumat (15/02/2019), sejumlah sekolah tidak melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti biasanya. Para siswa pun melenggang pulang ke rumah.

Sehari sebelumnya, pada Kamis (14/2/2019), ratusan guru SMA/SMK di daerah ini melakukan aksi protes kepada Dinas pendidikan setempat dan Pemkab.

Merekapun diterima oleh Sekda Nabire dan jajarannya, namun tidak ada kejelasan pasti. Ancaman mogok pun terbukti.

Guru di sejumlah SMA di Nabire mogok mengajar 2 i Papua

Yahya Degei, salah seorang siswa SMK N 2 Nabire, mengatakan kaget saat dirinya hendak datang ke sekolah. Pasalnya, tidak ada guru dan kegiatan KBM berjalan. Dia dan kawan – kawannya hanya mondar – mandir lalu balik lagi ke rumah.

“Saya kaget, pas datang pagi tadi di sekolah, guru – guru tidak ada, katanya mogok mengajar. Saya dan kawan –kawan dari pada tinggal bingung di sekolah, lebih baik balik ke rumah,” ujarnya

Hal senada disampaikan pelajar lainnya dari SMA N 1 Nabire. Dia mengaku kaget sebab sekolahnya tidak ada guru. Siswi yang enggan menyebut namanya itu menerima kabar, para gurunya mogok karena belum dibayarkan ULP.

Dia mengaku turut prihatin dengan persoalan yang dialami gurunya. Namun kalau bisa jangan sampai berlarut – larut, jangan pelajar yang kena imbasnya, karena sebentar lagi akan menghadapi ujian.

Loading...
;

“Jadi saya harap kepada pemerintah agar segera menyelesaikan persoalan ini sehingga para guru kembali mengajar,” harapnya.

Pantauan Jubi di Nabire, hari ini sejumlah sekolah tidak melakukan KBM, seperti, SMA N I, SMA N 2, SMA YPPGI Nabire.

Seorang guru yang ikut mogok, mengatakan hal ini merupakan kelanjutan dari tuntutan mereka kepada Pemda Nabire. Sehingga aksi ini akan berlanjut hingga ada kejelasan dari pemerintah.

“Kami belum tahu kapan akan melaksanakan KBM, kemungkinan menunggu sampai ada kepastian pembayaran ULP,” kata guru yang juga enggan menyebut namanya itu.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top