TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Hakim AS diminta penjarakan istri raja narkoba El Chapo 4 tahun

papua
Ilustrasi foto penjara bagi Tapol Papua. - pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Washington, Jubi – Jaksa Amerika Serikat meminta hakim menghukum Emma Coronel Aispuro, istri gembong narkoba Meksiko ‘El Chapo’, selama empat tahun penjara.  Aispuro sebelumnya mengaku bersalah dalam dakwaan peredaran narkoba dan pencucian uang.

Kantor berita Antara mengutip dari Reuters, pada Kamis, (18/11/2021) kemarin menyebutkan Aispuro merupakan mantan ratu kecantikan dinikahi Joaqui­n “El Chapo” Guzm¡n Loera saat berusia 17 tahun.

baca juga : Bekas orang dekat bos narkoba Meksiko meninggal
Ratusan jenazah di Meksiko ini diduga korban kartel narkoba
Pemilu lokal di meksiko, sebanyak 34 kandidat dibunuh menjelang Pilkada

Dia juga harus didenda 1,5 juta dolar AS (Rp21,3 miliar) untuk kejahatan yang dilakukannya, kata penuntut umum dalam sebuah memorandum hukuman kepada Pengadilan Negeri District of Columbia.

Pada Juni, Aispuro yang berusia 32 tahun mengaku bersalah dalam tiga dakwaan: mengedarkan obat terlarang, bersekongkol dalam pencucian uang, dan terlibat transaksi keuangan dengan kartel narkoba Sinaloa. Sebagai bagian dari kesepakatan pembelaannya dengan jaksa, Aispuro juga mengaku bertindak sebagai kurir antara suaminya dan anggota kartel Sinaloa lainnya.

Saat itu, Guzman ditahan di penjara Altiplano, Meksiko, setelah ditangkap pada 2014. Dia menggunakan jalur komunikasi tersebut untuk merencanakan pelarian. Pada 2015, ‘El Chapo’ melarikan diri lewat terowongan yang digali oleh kartel di bawah pancuran mandi di dalam selnya.

Raja narkoba itu tertangkap kembali pada Januari 2016 dan diekstradisi setahun kemudian ke AS.

Guzman dinyatakan bersalah pada Februari 2019 atas sejumlah dakwaan, termasuk penyelundupan narkoba, konspirasi, penculikan, dan pembunuhan.

Dia dijatuhi hukuman seumur hidup pada Juli 2019 di penjara AS dekat Florence, Colorado, sebuah fasilitas dengan penjagaan “super maksimum” bagi narapidana paling berbahaya.

Sedangkan istrinya, Coronel Aispuro, yang lahir di San Francisco dan berkewarganegaraan ganda AS-Meksiko, ditangkap pada Februari 2020 di Bandara Internasional Dulles. (*)

Editor : Edi Faisol

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us