Follow our news chanel

Previous
Next

Hampir 90 persen APBD Kota Jayapura bersumber dari pajak daerah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, Frans Pekey, saat melaporkan SPT Tahunan Tahun Pajak 2019 secara elektronik (e-Filing). - Jubi/Ramah
Hampir 90 persen APBD Kota Jayapura bersumber dari pajak daerah 1 i Papua
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, Frans Pekey, saat melaporkan SPT Tahunan Tahun Pajak 2019 secara elektronik (e-Filing). – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan 90 persen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Jayapura, bersumber dari pajak daerah sektor jasa dan perdagangan.

“Pajak adalah sumber utama membangun bangsa dan daerah. Sebanyak 90 persen itu bersumber dari pajak perorangan, pribadi, dan badan usaha,” ujar Pekey, di Kanwil DJP Papua dan Maluku, Kamis (27/2/2020).

Dikatakannya, seiring bertambahnya jumlah penduduk, toko, mal, kantor, hotel, restoran, dan sektor pariwisata, makin berdampak terhadap pajak daerah karena banyak investor yang menanamkan modalnya.

Menurut Pekey, pajak dari masyarakat dan dikembalikan kepada masyarakat untuk membangun bidang infrstruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial.

“Kami terus menata pelayanan dan bekerja secara transparan, sehingga target PAD untuk Pemkot Jayapura sebanyak Rp 220 miliar optimis dapat terealisasi, asal terus melakukan intensifikasi dan genjot penerimaan PAD,” jelas Pekey.

Pada kesempatan ini, Pekey mengharapkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu, sebab bila menunda-nunda waktu membayar pajak akan menjadi piutang dan tentunya memberatkan.

Loading...
;

“Pajak menjadi sumber utama dalam membangun dan sharing bagi yang mampu kepada yang tidak mampu. Karena pentingnya pajak, Pemkot Jayapura selalu berkoordinasi dengan badan usaha,” ujar Pekey.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jayapura, Nugroho Apriyanto, mengatakan jumlah Wajib Pajak (WP) yang wajib lapor SPT sebanyak 83 ribu orang, baik dari perseorangan (OP) dan badan usaha.

“Dari jumlah ini untuk 2019 yang lapor 65 ribu lebih atau sudah di atas 75 persen. Harapan kami kepatuhan membayar pajak semakin meningkat, atau bisa mendekati angka 83 ribu orang. Target kami penerimaan pajak untuk 2020 ini kalau bisa di atas 80 persen,” jelas Nugroho. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top