Follow our news chanel

Previous
Next

Hanya 4 pasangan calon mendaftar di KPU Merauke

Papua
Ketua KPU Merauke Theresia Mahuze (kiri) menerima berkas pendaftaran Herman Anitu Basik Basik-Sularso, Minggu (6/9/2020) - Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi Herman Anitu Basik Basik-Sularso menjadi pendaftar terakhir di Komisi Pemilihan Umum Merauke. Pasangan calon kepala daerah itu mendaftarkan keikusertaan mereka sebagai kontestan Pilkada Merauke, sekitar pukul 16.00 Waktu Papua.

Basik Basik dan Sularso didampingi Ketua Partai Golkar, dan Gerindra saat mendaftar. Mereka diterima Ketua beserta anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke.

“Kami telah memeriksa seluruh kelengkapan dan keabsahan dokumen (pendaftaran). Seluruh persyaratan tersebut dinyatakan lengkap sehingga pendaftaran Herman Anitu Basik Basik-Sularso kami terima,” kata Ketua KPU Merauke Theresia Mahuze, Minggu (6/9/2020).

Basik Basik mengatakan mereka telah menyiapkan segala persyaratan administrasi sejak beberapa hari lalu sehingga proses pendaftaran pun berjalan lancar. Dia dalam kesempatan tersebut memperkenalkan Koalisi Merauke Baru sebagai nama pengusung pencalonan mereka. Koalisi itu terdiri atas Partai Golkar, dan Gerindra.

“Rencana pendeklarasiannya masih dalam pertimbangan. Itu mengingat waktu dan juga situasi pandemi Covid-19 saat ini. Kita dilarang berkumpul dalam jumlah banyak,” kata Ketua Partai Golkar Merauke tersebut.

Basik Basik melanjutkan dia bersama Sularso memprioritaskan pendidikan dan kesehatan dalam membangun Merauke. Selain itu, pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Masa pendaftaran calon kepala daerah berakhir pada hari ini. Setiap pasangan calon harus sudah mendaftar sebelum pukul 24.00 waktu setempat. Ketentuan umum tersebut berlaku di seluruh Indonesia.

Loading...
;

“Pendaftaran dibuka selama tiga hari, sejak 4 September. Sampai saat ini ada empat pasangan bakal calon telah mendaftar,” kata Mahuze.

Para pasangan tersebut ialah Romanus Mbaraka-Riduwan, Heribertus Silubun-Bambang Sudji, dan Hendrikus Mahuze-Eddy Santoso, serta Herman Anitu Basik Basik-Sularso.

Romanus Mbaraka-Riduwan menjadi pasangan calon pertama yang mendaftar, dan disusul Heribertus Silubun-Bambang Sudji. Adapun Hendrikus Mahuze-Eddy Santoso mendaftarkan pencalonan mereka pada hari kedua, dan Herman Anitu Basik Basik-Sularso pada hari ketiga atau terakhir.

Mahuze memastikan tidak ada lagi pasangan bakal calon mendaftar ke KPU Merauke. Seluruh partai politik pemilik kursi di DPRD Merauke telah mengusung dan mendaftarkan calon mereka.

“Kami akan memverifikasi keabsahan bakal calon pada  6-11 September. Jika lolos, para bakal calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Jayapura,” jelasmya. (*)

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top