Follow our news chanel

Hanya dialog damai bisa selesaikan krisis kemanusiaan di Papua

Papua
Ilustrasi Dialog Jakarta-Papua - dok.Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi –   Dialog damai merupakan solusi terbaik untuk mengatasi gejolak sosial dan politik di Tanah Papua. Pengerahan kekuatan militer dan gerakan bersenjata hanya semakin menambah rentetan permasalahan kemanusiaan.

“OPM (Organisasi Papua Merdeka) saling tembak dengan TNI dan Polri. TNI dan Polri (berdalih) mempertahankan kedaulatan Indonesia, sedangkan OPM menginginkan kemerdekaan. Peristiwa seperti itu akan terus berlangsung dan tidak pernah akan bisa diselesaikan karena kedua belah pihak saling mengorbankan satu sama lain,” kata Pastor Santon Tekege, Rabu (28/10/2020).

Aktivis kemanusiaan Papua tersebut mengatakan sudah banyak jatuh korban dari pihak sipil akibat perseteruan bersenjata antara OPM dan TNI serta Polri. Korban terbaru, di antaranya kalangan agamawan di Intan Jaya.

“Kedua belah pihak harus berdialog dengan damai. Manusia ketemu manusia, bukan senjata dengan senjata,” tegas Tekege.

Dia menyebut dialog damai sejalan dengan garis perjuangan pihak Gereja dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan di Papua. Karena itu, pihak TNI dan Polri maupun OPM harus menghilangkan sikap permusuhan sehingga terwujud dialog damai tersebut.

“Gereja tidak pernah memihak siapa pun. Namun, dialog damai harus difasilitasi pihak ketiga yang independen, seperti (penyelesaian konflik) di Aceh,” jelas Pastor Tekege.

Calon terpilih anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan Jhon NR Gobai mengatakan penambahan pasukan militer semakin memperkeruh situasi di Papua. Dia pun mendesak pemerintah memberdayakan aparat keamanan setempat ketimbang mendatangkan pasukan dari luar Papua.

Loading...
;

“Pemerintah daerah dan aparat (keamanan) lokal lebih memahami karakter masyarakat. Kalau orang dari luar terus ditugaskan (didatangkan ke Papua), situasi akan tetap seperti ini, (rakyat merasa) tidak aman di mana-mana,” kata Gobai. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top