Follow our news chanel

Harga ayam potong stabil namun pendapatan pedagang menurun

Seorang pedagang ayam potong di Pasar Hamadi sedang melayani pembeli - Jubi/Ramah

| Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Harga ayam potong di Kota Jayapura, Papua terpantau stabil. Salah satunya di Pasar Hamadi. Rata-rata menjual ayam potong beku per ekor mulai dari dari Rp 30 ribu hingga Rp 38 ribu (tergantung ukuran), ayam potong segar masih dijual Rp 60 ribu dan Rp 65 ribu per ekor.

“Belum naik, tidak tau ini kalau sudah diberlakukannya perpanjangan waktu jualan sampai jam 5 sore, apakah naik atau tidak. Saya ambil di rumah pemotongan ayam di Abepura,” ujar seorang pedagang ayam potong di Pasar Hamadi, Santoso, Sabtu (6/6/2020).

Menurut Santono, sepinya pembeli tidak mempengaruhi harga jual ayam sebab ayam potong murah seiring mahalnya harga jual ikan.

“Penjualan sepi mas, kalau biasanya saya bisa laku sampai lima karung (satu karung isi 25 ekor ayam), sekarang satu hari paling banyak laku 30 ekor saja karena pembeli takut ke pasar gara-gara virus korona ini,” ujar Santoso.

Santoso berharap, aktivitas pasar kembali normal supaya bisa menjual ayam potong dalam jumlah banyak agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan separuh dari penghasilannya di tabung untuk keperluan mendesak.

“Satu ekor untungnya saya ambil Rp 1.000 saja untuk ayam beku, kalau ayam segar saya ambil untung Rp 2.000. Kalau tidak laku hari ini, besok lagi dijual. Untungnya saya ada freezer jadi mengurangi pengeluaran untuk beli es,” ujar Santoso.

Loading...
;

Pedagang ayam potong lainnya, Rahman, mengatakan selama warga diimbau untuk tetap di rumah, penghasilannya dari jualan ayam menurun dari biasanya.

“Yah, adalah buat makan dan keperluan lainnya. Kalau sekarang sedang susah, semua pedagang juga mengalami hal yang sama akibat virus korona ini. Sabar saja, pasti ada hikmahnya,” ujar Rahman. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top