Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Pharaa naik

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura mulai naik sejak awal Februari 2020. Pada Kamis (20/2/2020), harga bawang merah maupun bawang putih telah mencapai Rp60.000 per kilogram, atau naik berkisar Rp5.000 per kilogram dibandingkan harga pada Januari lalu.  

Salah satu pedagang bawang merah dan bawang putih di Pasar Pharaa, Fira menyatakan pada Kamis ia menjual bawang merah dan bawang putih dengan harga Rp60.000 per kilogram. “Itu harga jual setelah naik. Biasanya harga bawang merah dan bawang putih berkisar Rp50.000 hingga Rp55.000 per kilogram,” ujar Fira.

Fira mengaku harga jual bawang merah dan bawang putih dagangannya mengikuti kenaikan atau penurunan harga kulakan dari distributor di Jayapura. “Mau harga naik dan tidak, saya kulakan antara tiga sampai empat karung ukuran 25 kilogram. Itu biasanya habis dalam satu bulan,” kata Fira.

Menurutnya, bawang merah dan bawang putih yang diperdagangkan di Pasar Pharaa berasal dari Surabaya atau Makassar. Ia mengaku tidak tahu mengapa harga bawang merah dan bawang putih kulakannya naik sejak awal Februari.

“Mungkin karena faktor cuaca di daerah mereka, kami belum tahu. Waktu kulakan, dibilang kalau [harganya] sudah naik,” ujar Fira.

Loading...
;

Salah satu pengunjung pasar, Gress mengatakan ia memilih membeli bawang merah dan bawang putih dalam jumlah banyak, karena harga per kilogram lebih murah dibandingkan harga eceran. “Kalau beli, sekali beli ya paling 1 kilogram, atau 1,5 kilogram, begitu biar hemat,” ucapnya.

Menurut Gress, pembeli juga harus pintar-pintar mengenali perbedaan harga yang ditawarkan masing-masing pedagang. “Kalau di pasar baru,  kami beli [bawang merah dan bawang putih dengan harga berkisar] Rp55.000 per kilogram. Di eks pasar lama, harganya bisa mencapai Rp65.000 hingga Rp70.000 per kilogram,” ujar Gress.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top