Follow our news chanel

Harga bawang putih di Pasar Pharaa turun jadi Rp80.000

Aneka bumbu dapur yang dijual di pasar tradisional – Jubi/Dok - Jubi/Yance Wenda
Harga bawang putih di Pasar Pharaa turun jadi Rp80.000 1 i Papua
Dagangan Bumbu di Pasar Pharaa Sentani – Jubi / Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Harga bawang putih di Pasar Pharaa Sentani yang sempat mencapai Rp100.000 per kilogram pada awal Mei lalu, kini turun ke Rp80.000 per kilogram.

“Bawang putih itu yang naiknya dari 35 ribu, sampai 100 ribu lebih. Tapi sekarang ini masih di kisaran harga jual 80 ribu perkilo,” katanya Senin (27/5/2019).

Harga bawang putih meningkat, kata Asrul karena stok yang masuk ke Kota Sentani berkurang, sedangkan permintaan selama bulan puasa ini terus meningkat.

“Kita kalau jual itu yang sewajarnya saja, sebab kalau harga terlalu mahal, barang tidak laku baru juga. Pedagang mana yang mau rugi,” ucap pria asal Sulawesi ini.

Sementara itu, penjual bumbu dapur, Rahmawaty mengatakan secara keseluruhan harga bumbu naik secara perlahan di bulan puasa ini. Ia mengaku belum bisa memastikan berapa pasokan bumbu yang akan datangkan pada pekan terakhir, jelang hari Raya Indul Fitri.

“Harga cabai, bawang merah, bawang putih dan tomat, harganya terus naik. Saya susah pastikan harga karena saya penjual eceran yang mengambil barang dari  pihak ketiga,” katanya. Saat ini harga tomat mencapai Rp28.000 perkilo dan bawang merah Rp65000.

Loading...
;

Khusus mengantisipasi harga cabai, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura telah menyiapkan bibit dan distribusikan kepada petani sejak awal tahun ini.

Sekira 500 bibit tanaman cabai merah dan cabai rawit ditanam di UPTD Pembibitan dan Alat Mesin Pertanian Toware, Kampung Kwadeware, untuk menghasilkan 2000 bibit yang disebar kepada petani.

“Bibit kami sebarkan kepada petani dan calon-petani di kabupaten Jayapura,” kata kepala Dinas TPH, Adolf Yoku di Toware, Jumat (10/5/2019) lalu. (*)

Editor : Angela Flassy

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top