Harga BBM di Distrik Waan Rp70-80 ribu per liter

Antrean kendaraan di SPBU akibat kelanggaan BBM – Jubi/Frans L Kobun
Harga BBM di Distrik Waan Rp70-80 ribu per liter 1 i Papua
Antrean kendaraan di SPBU akibat kelanggaan BBM – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Moses Kaibu, mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM) terutama solar dan bensin di kampung-kampung di Distrik Waan sangat ‘mencekik leher’.

Bagaimana tidak, tahun-tahun sebelumnya harga BBM masih normal. Namun sejak kelangkaan BBM terjadi di dalam kota Merauke sejak beberapa bulan terakhir, dampaknya sangat besar dialami serta dirasakan masyarakat di daerah pedalaman.

“Beberapa hari lalu kami melakukan rapat dengar pendapat bersama pihak Pertamina Cabang Merauke. Di situ saya sampaikan harga BBM terutama di Distrik Waan sangat tidak wajar,” kata Moses Kaibu kepada Jubi, Kamis (19/12/2019).

Dimana, menurutnya, khusus solar dan bensin, harganya sudah berkisar antara Rp70ribu-80ribu/liter.

“Ini fakta yang terjadi, karena saya melihat kondisi sesungguhnya yang dialami serta dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Dengan harga yang sangat mahal ini, menurutnya sudah sangat merugikan masyarakat, karena mereka tak memiliki pendapatan pasti tiap hari.

Loading...
;

Biasanya BBM tersebut dimanfaatkan untuk mengoperasikan ketinting (perahu kecil) saat akan melakukan aktivitas di laut atau kegiatan lain di kampung-kampung.

“Sudah pasti ketika harga BBM mahal, daya beli masyarakat dipastikan rendah. Karena pengusaha yang melakukan distribusi sejumlah kebutuhan pokok, sudah pasti akan menaikan harga lagi,” ungkapnya.

Melihat situasi demikian, Moses berharap adanya perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke.

“Ya, pemerintah tidak boleh berdiam diri. Harus mengambil langkah cepat mengendalikan harga,” pintanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan, membenarkan bahwa harga BBM di Distrik Waan sangat mahal, setelah adanya kelangkaan dalam wilayah kota.

“Memang dampaknya sangat besar ketika terjadi kelangkaan. Dimana pengusaha akan menaikkan harga BBM. Kami sudah lakukan pertemuan bersama pertamina dan pemerintah. Sekaligus membicarakan masalah kelangkaan ini,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top