Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Harga cabai rawit di Jayapura meroket Rp150 ribu per kg

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional Kota Jayapura meroket Rp145 ribu sampai Rp150 ribu per kilogram. Sulam, penjual cabai di Pasar Youtefa, Abepura mengatakan, itu disebabkan terbatasnya persediaan.
 
"Tapi kami yakin bisa kembali stabil jika pasokan melimpah," katanya kepada Jubi, Senin (13/3/2017).
 
Menurut Sulam, selama dua bulan terakhir harga cabai rawit naik signifikan dari sebelumnya harga normal Rp 50 ribu/kg. Kenaikan dipicu cuaca ekstrem dengan curah hujan meningkat sehingga tanaman cabai terserang hama. Selain itu banyak petani panen lebih awal agar cabainya tidak busuk.
 
Meski begitu, harga cabai merah besar masih stabil kisaran Rp80 ribu/kg. Namun harga wortel naik dari Rp30 ribu/kg menjadi Rp70 ribu/kg. Ini akibat pelarangan wortel Cina masuk ke pasar, sehingga harga wortel lokal naik tak karuan. Bawang merah naik dari Rp45 ribu menjadi Rp60 ribu/kg. Sedangkan harga sayuran lain masih stabil.
 
Yasin, pembeli di pasar tradisional mengatakan, selama ini harga cabai berubah-ubah dan tidak stabil. Untuk menyiasati ia mengurangi pembelian untuk warung yang dikelolanya.
 
"Kami mengurangi cabai rawit merah dari 1 kg per hari menjadi dua hari sekali, padahal saat harga normal bisa memakai 2 kg sehari," katanya. (*)

Harga cabai rawit di Jayapura meroket Rp150 ribu per kg 1 i Papua

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top