Follow our news chanel

Previous
Next

Harga ikan dan udang tidak kunjung turun di Nabire

Papua
lapak pedagang ikan di Pasar Sore Kalibobo, Nabire, Jumat (10/1/2020) - Jubi/Titus Ruban.
Harga ikan dan udang tidak kunjung turun di Nabire 1 i Papua
Lapak pedagang ikan di Pasar Sore Kalibobo, Nabire, Jumat (10/1/2020) – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Sudah sebulan ini harga ikan tidak kunjung turun di Nabire. Harganya bahkan cenderung melambung lantaran banyak nelayan enggan melaut akibat cuaca buruk.

Pedagang maupun konsumen sama-sama mengeluhkan mahalnya harga ikan laut saat ini. Kenaikannya bisa mencapai dua kali lipat dari biasa.

Ya, begini sudah (mau bagaimana lagi). Ikan yang biasa satu cold box (peti penyimpanan) seharga Rp1,5 juta, kini menjadi Rp3 juta. Harga semua jenis ikan naik jadi kami hanya ambil untung sedikit,” kata Anto (23 tahun), pedagang ikan laut di Nabire, Jumat (10/1/2020).

Kenaikan juga terjadi pada harga udang laut. Di pasaran, setiap kilogram udang dijual seharga Rp150 ribu. Harganya terpaut sebesar Rp10 ribu lebih mahal daripada harga jual di tingkat nelayan.

“Udang juga naik (harganya). Saya hanya (ambil) untung Rp10 ribu untuk setiap kilogram (udang yang terjual),” ujar Anto kepada Jubi.

Walaupun harga ikan terus melonjak, pedagang tetap memilih bertahan untuk berjualan hasil laut tersebut. Mereka mengaku tidak memiliki pekerjaan lain untuk menghidupi keluarga.

Loading...
;

“Saya tetap berjualan ikan. Biarpun untungnya sedikit, tidak apa-apa, asal lancar (menghasilkan),” kata Anzar, pedagang lainnya.

Marlina (40 tahun), warga Nabire berharap pemerintah ikut mengendalikan harga ikan agar kembali terjangkau oleh pembeli. “Saban hari harga ikan mahal (naik terus). Macam kita jauh dari laut ka?” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top