Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Harga ikan laut mahal akibat tangkapan nelayan menurun

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Akibat cuaca musim angin dan bulan terang, hasil tangkapan nelayan di Kota Jayapura mulai berkurang sehingga berdampak pada kenaikan harga ikan laut.

“Harga ikan laut di Pasar Youtefa mulai naik sejak awal Maret ini, karena hasil tangkapan kurang, nelayan mengaku susah mendapatkan ikan di laut,” kata Iwan, penjual ikan laut di Pasar Youtefa, Selasa (14/3/2017).

Harga ikan laut mahal akibat tangkapan nelayan menurun 1 i Papua

Iwan menjelaskan, cuaca bulan terang menyebabkan ikan tidak naik atau terapung. Ini ditambah dengan musim angin. Ini berbeda dengan sebelumnya yang musim hujan dan gelap sehingga tangkapan banyak.

“Kondisi ini menyebabkan harga ikan ekor kuning yang awalnya Rp30 ribu sekarang Rp35 ribu dan ukuran besar utuh ekor kuning Rp150 ribu,” katanya.

Kepala Bidang Data Informasi Bagian Wilayah V Balai Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jayapura, Darmawan mengatakan, prospek cuaca satu minggu berjalan berawan hingga hujan, diikuti gelombang laut paling tinggi 1,5 meter.

“Arahnya dari barat hingga timur laut, karena matahari ada di belahan bumi utara, sehingga saat ini permukaan laut itu suhunya menghangat,” ujarnya saat ditemui Jubi.

Loading...
;

Mulai menghangatnya suhu, lanjutnya, maka terjadi upwelling sehingga makanan ikan seperti plankton naik ke permukaan. Ini menyebabkan makanan ikan menjadi banyak tersebar, sehingga ikan-ikan di laut tidak bergerombolan di satu tempat.

“Kalau makanan sedikit ikan akan bergerombolan untuk mencari tempat yang ada makanan, namun karena makanan banyak ikan-ikan pun tersebar di mana-mana sehingga nelayan susah menangkapnya,” ujarnya (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top