HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Harga pangan fluktuatif, Pemkot Jayapura akan sidak di pasar dan distributor

Salah satu gudang milik distributor sembako - Jubi/Ramah
Salah satu gudang milik distributor sembako – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah harga kebutuhan pangan seperti telur ayam dan bawang merah di Kota Jayapura mulai fluktuatif, karena terkendala minimnya pasokan dari Surabaya.

Untuk membuat harga menjadi normal dan stabil, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional dan distributor.

“Minggu depan. Suratnya sementara sedang disiapkan. Rencana di dua pasar dan tiga distributor besar,” ujar Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (9/4/2020).

Dijelaskan Awi, sidak tersebut dilakukan untuk menjamin masyarakat mendapatkan harga pangan yang layak sehingga tidak memberatkan konsumen.

“Apalagi ini sudah mau masuk bulan puasa. Sekarang sudah sangat mengkhawatirkan, makanya kami harus segera turun. Pedagang pedagang dan distributor yang menimbun dan mempermainkan harga karena nanti masyarakat yang susah,” jelas Awi.

Kadisperindagkop UKM dan Tenaga Kerja Papua, Omah Laduany Ladamai, menduga ada permainan harga khususnya telur ayam di pasar tradisional, yang membuat harganya bergejolak hingga menyentuh Rp95.000 satu rak.

Loading...
;

“Permainan pedagang itu di dua pasar, yaitu Pasar Hamadi dan Pasar Tanjung Ria. Kesimpulan kami kalau ada pedagang yang mencari kesempatan pada saat masyarakat mengalami musibah seperti ini (virus corona),” ujar Laduany.

Laduany memastikan segera memanggil pedagang telur ayam di pasar tradisional untuk diingatkan agar tidak lagi berspekulasi karena membuat masyarakat susah. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa