Follow our news chanel

Harga pinang anjlok karena dibanjiri pasokan luar

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Yoseb Wouw, penjual pinang di pasar baru Youtefa mengaku penyebab turunnya harga pinang di Youtefa karena banyaknya pasokan pinang dari Kota Sorong.  

"Tahun ini musim panen pinang sangat banyak, tidak heran banyak pinang yang dikirim dari luar Kota Jayapura, harga juga lebih murah dari biasanya," kata Yoseb kepada Jubi di Pasar Youtefa, Kamis (9/2/2017).

Dengan banyaknya pinang yang masuk ke Pasar Youtefa, jelasnya, harga juga ikut turun. Misalnya pinang satu oki sekarang bisa menjadi Rp50 ribu hingga Rp70 ribu, tergantung isi dari buah pinang tersebut.

"Harga  per karung untuk ukuran sak 15 kg Rp300 ribu hingga Rp500 ribu dan untuk ukuran sak 25 kg Rp700 ribu hingga Rp900 ribu, biasanya yang dibeli dalam karung langsung dikirim ke kabupaten-kabupatenpegunungan sesuai pesanan atau langanan masing-masing," katanya.

Any, pedagang jual-beli pinang di Pasar Youtefa mengatakan, akibat musim pinang harga pun ikut menurun. Tapi ia tidak sependapat bila banyaknya pinang tersebut kiriman dari luar Kota Jayapura.

"Kebanyakan pinang yang masuk dari Koya, Skow perbatasan PNG, dan Keerom-Arso, dari luar sendiri tidak ada atau mungkin saya yang belum dengar dan beli dari mereka," katanya.

Loading...
;

Any menambahkan, pinang yang dibeli dirinya dalam bentuk oki, lalu ia menjualnya dengan per tumpukan pada meja yang disusunnya dengan harga berbeda-beda sesuai banyaknya tumpukan, seperti harga Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu, hingga Rp200 ribu dan bahkan Rp500 ribu.

"Untuk untung pasti adalah… kadang hanya kembali modal saja, mau tidak mau kami putar otak dengan menjual dengan harga murah dan kirim ke teman kami di kabupaten lain," tutur perempuan asal Bugis yang sudah berjualan pinang tiga tahun belakangan ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top