Follow our news chanel

Previous
Next

Harga sagu di eks pasar lama Sentani Rp20-30 ribu per potong

Marta Samonsabra saat berjualan sagu di eks pasar lama Sentani - Jubi/Yance Wenda
Harga sagu di eks pasar lama Sentani Rp20-30 ribu per potong 1 i Papua
Marta Samonsabra saat berjualan sagu di eks pasar lama Sentani – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sejak awal tahun 2020 harga jual sagu di eks pasar lama Sentani Kabupaten Jayapura cenderung naik. Saat ini, harga sagu per potong berkisar Rp20-30 ribu.

Marta Samonsabra (50 tahun), mengatakan ia sudah mulai menekuni berjualan sagu sejak eks pasar lama Sentani ada sampai saat ini.

“Sekarang standar harga sagu satu karung 15kg itu sudah naik. Sebelumnya, tahun 2017 harganya Rp120-150 ribu tapi sejak 2020 ini naik per karung 15kg paling murah Rp250 ribu dan bisa sampai Rp300 ribu. Itu untuk semua jenis sagu, baik dari Sentani maupun sagu Genyem,” jelas ibu asal Moi Kabupaten Jayapura ini kepada Jubi di Sentani, Selasa (3/3/2020).

Sagu yang ia jual di eks pasar lama Sentani dengan modal payung dan meja ukuran 1x1m, ia ambil dari pasar Pharaa Sentani.

“Saya kalau sekali jualan itu ambil 3-4 karung dengan ukuran masing-masing itu 15 kg, dan itu bisa habis dalam satu dan dua hari, kadang tergantung kalau ada acara itu pembeli akan datang borong sagu,” jelasnya.

Ibu tujuh anak ini mengatakan dalam setiap karung itu ia mendapatkan pendapatan yang sama dengan harga beli sagu di pasar Pharaa Sentani.

Loading...
;

“Sagu satu karung itu dipotong dapat  lima potong atau bundaran. Satu bundaran itu dibagi dapat lima potongan dan masing-masing dijual dengan harga Rp20-30 ribu sesuai dengan besarnya sagu,” jelas Samonsabra.

Dari hasil jualan sagu ini ia sudah menyekolahkan ketujuh anaknya hingga di bangku SMA.

“Mama hanya bisa sekolahkan anak sampai di SMA saja karena suami meninggal pada tahun 2014 dan anak pertama juga meninggal. Mama pesan sagu itu jangan dirusak atau dibakar, sekarang tidak hanya orang Papua saja yang makan papeda, orang rambut lurus juga makan papeda sekarang,  jadi mulai sekarang itu harus ditanam kalau semua hutan sagu ditebang nanti ke depan anak-anak makan apa,” ucapnya

Arlin Kogoya, seorang pembeli yang hendak membeli sagu di eks pasar lama Sentani, mengatakan ia terkejut dengan harga jual sagu di pasar tersebut.

“Saya pikir itu harganya Rp10-20 ribu, saya pas isi baru baru dihitung Rp60 ribu dua potong,” jelasnya.

Ia sangat khawatir dengan harga sagu yang semakin mahal.

“Karena naik begini pasti orang khawatir juga jadi soal jual harga sagu itu harus ada dalam penertiban agar semua mendapat keuntungan, baik penjual dan pembeli,” kata Kogoya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top