Follow our news chanel

Previous
Next

Harga sejumlah bumbu dapur di Kota Jayapura turun

Salah satu pedagang komoditas pertanian sedang merapikan dagangannya. - Jubi/Ramah
Harga sejumlah bumbu dapur di Kota Jayapura turun 1 i Papua
Salah satu pedagang komoditas pertanian sedang merapikan dagangannya. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sudah sepekan ini harga sejumlah bumbu dapur di Pasar Hamadi turun. Beberapa komoditas pertanian harga jualnya turun drastis yaitu lombok kecil dijual antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kilogram, lombok keriting dijual Rp 25 ribu per kilogram, tomat per kilogram dijual antara Rp 5 ribu sampai Rp 7 ribu.

“Sekarang lagi musim panen jadi murah, karena petani lagi panen bersamaan,” ujar salah satu pedagang komoditas pertanian di Pasar Hamadi, Mariani, Selasa (10/3/2020).

Menurut Mariani, sejumlah komoditas tersebut sebagian besar didatangkan dari Koya dan Arso. Melimpahnya ketersediaan stok membuat pedagang gigit jari karena lambat terjual.

“Kalau lagi murah begini banyak yang busuk. Ditambah lagi penjualan menurun. Mau tidak mau harus dibuang atau dijual lebih murah lagi, yang penting kembali modal,” ujar Mariani.

Pedagang bumbu dapur lainnya, La Ambo, mengatakan pengambilan dari petani baik lombok kecil dan lombok keriting sama, yakni Rp 15 ribu per kilogram dan tomat Rp 3 ribu satu kilogram.

“Mungkin ini dekat-dekat puasa baru harga mulai naik lagi. Kalau lagi mahal lombok kecil dan lombok keriting bisa Rp 70 ribu satu kilogram, kalau tomat satu kilonya bisa Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu. Sekarang ini lagi musim panen makanya stok banyak,” ujar La Ambo.

Loading...
;

Menurut La Ambo, melimpahnya komoditas lokal tersebut, memicu persaingan harga di kalangan pedagang.

“Kalau lagi mahal saya bisa laku antara Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, tapi kalau stok banyak begini satu hari saya bisa laku rata-rata Rp 1 juta bahkan kurang. Lombok kiriman belum ada, kebanyakan barang lokal dari Arso dan Koya,” jelas La Ambo. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top