Hari Kesehatan Nasional, begini pesan Bupati Tolikara

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Karubaga, Jubi – Derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta  mengubah pola hidup yang sehat. Setidaknya dimulai dari diri sendiri.

Demikian pesan yang disampaikan Bupati Tolikara, Usman G.Wanimbo terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, belum lama  ini.

“Harus diakui bahwa kita masih menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan kesehatan baik di Indonesia dan terkhusus  di Tolikara. Penyakit menular dan tidak menular masih tinggi” ujarnya  di depan ASN setempat pada upacara peringatan HKN di halaman Kantor Bupati Tolikara,  Gurikme Karubaga, Senin (12/11/2018) lalu.

Terkait hal itu, dia mengingatkan seluruh tenaga kesehatan agar gencar menggelar sosialisasi yang kontinyu. Baik itu di tingkat Puskesmas,Pustu, Rumah Sakit Umum Daerah hingga  melalui akses umum lainnya. 

Menurutnya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran cukup besar di bidang kesehatan. Harapannya, agar berbagai persoalan kesehatan di wilayah itu dapat terselesaikan .

“Para tenaga kesehatan harus menjadikan peringatan hari kesehatan nasional kali ini sebagai momentum merefleksikan diri. Tinjau kembali bagian mana yang perlu dibenahi dan  diperbaiki,” katanya.

Loading...
;

Lebih jauh dia menekankan pentingnya menjalin sinergi lintas sektor dan lintas program. Saat ini lembaga – lembaga semi pemerintahan di bidang kesehatan dan sosial kemanusiaan serta pembinaan kepemudaan seperti KPA,PMI,dan KNPI berjalan sangat baik. 

“Karena itu dibutuhkan kerjasama  dengan OPD terkait, saling mendukung dan  mengisi, agar  manfaatnya langsung menyentuh  masyarakat,” katanya.

Lembaga-lembaga semi pemerintahan itu, lanjutnya lagi, terus didorong oleh pemerintah daerah dengan memberikan bantuan alokasi dana yang cukup.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tolikara, Ronald Panjaitan menambahkan sebenarnya peringatan HKN jatuh pada Minggu, 11 November 2018. Berhubung bertepatan dengan  hari libur, maka peringatannya diundur keesokan harinya.

Terkait semua program yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, menurutnya selalu menjadi acuan pihaknya.

Saat ini program unggulan pemerintah Tolikara adalah 1000 Hari Pertama Kehidupan yang terus dikembangkan dan ditingkatkan di daerah – daerah.

Di samping itu ada program serupa VCT Mobile yang melayani penyakit menular dan tidak menular dengan mengkampanyekan pentingnya pola hidup sehat. 

Menurutnya selama ini Tolikara belum pernah ada kasus anak gizi buruk,baik di kota maupun di pelosok – pelosok Tolikara.

Keadaan ini menurutnya menunjukkan kesadaran masyarakat pola hidup sehat berjalan dengan baik. “Kondisi ini patut ditingkatkan,” tutupnya. (Diskominfo Tolikara)*

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top