Follow our news chanel

Previous
Next

Hari Pahlawan Nasional di Nabire akan diperingati 11 November

Hari Pahlawan Nasional di Nabire akan diperingati 11 November 1 i Papua
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nabire, Izhak – Jubi/Titus Ruban.

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Nabire, Jubi – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nabire, Izhak mengatakan, peringatan Hari Pahlawan Nasional pada November Tahun 2019 di Nabire akan diperingati sehari setelah itu.

“Untuk Nabire upacara 10 November tahun ini, nanti diundur ke tanggal 11,” terang Izhak kepada Jubi di Nabire, (31/10/2019).

Dijelaskan, berdasarkan radiogram dari Kementerian Sosial serta Menteri Dalam Negeri yang diterima, tentang pembentukan panitia dan pelaksanaan peringatan hari pahlawan di daerah. Maka Nabire telah mengadakan rapat pembentukan panitia beberapa waktu lalu.

Menurutnya, akan ada beberapa kegiatan yang digelar hari pahlawan seperti, kerja bakti di lingkungan Taman Makam Pahlawan (TMP), pemberian bingkisan bagi veteran, upacara yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 nanti dan usai upacara akan ada ziarah  ke (TMP).

“Kita undur waktunya dengan pertimbangan petunjuk pelaksanaan serta Perda Nabire nomor 2 tahun 2019 khususnya pasal 2, yang menyatakan bahwa tidak ada aktivitas yang dilakukan warga pada hari minggu dan hanya semata – mata hanya untuk pelaksanaan ibadah bagi umat Kristiani,” kata ketua panitia hari pahlawan kabupaten Nabire 2019 ini.

Usai upacara pada Senin 11 November nanti, pihaknya akan membuka ziarah di TMP pada hari itu hingga sore. Ziarah ini diperuntukan bagi para pelajar dan mahasiswa, keluarga pahlawan bahkan masyarakat umum yang akan berkunjung nanti.

“Ini kita kasih satu hari setelah upacara nantinya jadi dibuka sampai sore nanti,” tuturnya.

Loading...
;

Ziarah ini tentunya bertujuan untuk mengenal lebih dekat para pendahulu yang telah mengorbankan jiwa raganya demi nusa dan bangsa.

“Jadi intinya kita mau agar masyarakat bisa meneladani pengorbanan pahlawan dengan menjaga dan mengisi kemerdekaan. Sebab tanpa mereka kita tidak seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Terpisah seorang siswa salah satu SMA di Nabire, Wahyu Darmawan menambahkan, sebagai generasi penerus bangsa. ia mengajak pemuda agar bisa menjadi tonggak keberlanggsungan sekaligus warisan kemerdekaan dari para pejuang.

“Jadi bagi saya bangsa yang kuat itu perlu menghargai dan mengenang jasa pahlawannnya, terutama generasi muda. Sehingga kita bisa melanjutkan kemerdekaan dengan berkarya di segala bidang,” tandasnya.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top