Follow our news chanel

Harus ada bank sampah unit di pemukiman warga

Tumpukan sampah yang sedang disortir di Bank Sampah Kenambai Umbai - Jubi/Engel Wally
Tumpukan sampah yang sedang disortir di Bank Sampah Kenambai Umbai – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pengelolaan sampah di Kabupaten Jayapura dinilai masih kurang meski saat ini sudah ada bank sampah Kenambai Umbai yang mengelola sebagian sampai di daerah ini.

Pemerintah Kabupaten Jayapura juga telah menyiapkan berbagai fasilitas seperti tempat pembuangsan sampah sementara dan petugas yang memungut sampah dari rumah ke rumah warga. Tetapi hal tersebut belum maksimal.

Upaya Calon Ketua Perusahaan Daerah (Perusda) Baniyauw Kabupaten Jayapura, Nelson Yosua Ondi, mengatakan ketika Perusda Baniyauw resmi berjalan maka hal ini menjadi prioritas mereka untuk mengelola sampah menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita akan membuka unit-unit bank sampah di setiap pemukiman, kampung, RT/RW untuk meminimalisasi sampah berada di ruang terbuka atau di jalan raya dan tempat-tempat umum lainnya,” jelas Nelson Ondi, saat ditemui di Sentani, Selasa (16/7/2019).

Dikatakan, untuk mempermudah hal ini maka Perusda Baniyauw nantinya membutuhkan satu kebijakan pemimpin daerah untuk mengeluarkan satu surat keputuan tentang pengelolaan sampah di daerah ini. Selain itu, perusda akan mengelolanya dengan manajemen berbasis teknologi informasi modern. Setiap unit yang melakukan aktivitasnya dapat diketahui berapa jumlah sampah yang masuk dan juga yang keluar.

“Tenaga ahli sudah ada, tinggal membuat grand design-nya. Ketika beroperasi nanti kita akan survei tidak hanya di kota saja tetapi sampai di pelosok kampung,” ungkapnya.

Loading...
;

Sementara itu, Saiful, pengelola Bank Sampah Kenambai Umbai Kabupaten Jayapura, mengaku siap membantu apabila ada unit bank sampah yang dibangun.

“Untuk memulai unit bank sampah, harus ada lahan penyimpanan sampah, lalu pengurus bank sampah unit  yang akan mencatat semua barang, baik sampah plastik maupun sampah kertas. Selain itu juga harus ada timbangan, kalaupun tidak ada dapat menimbang barangnya di tempat kami, lalu memiliki buku tabungan untuk setiap unit,” jelasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top