Harusnya ada aturan tegas terhadap calon petahana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Ketua KPUD Kabupaten Jayapura, Lidia Moakay menyatakan, harusnya ada aturan tegas yang mengatur calon petahana yang masa jabatannya belum berakhir dan kembali ikut dalam pilkada.

"Aturan kita ini kan tidak tegas. Petahana yang kembali mencalonkan diri dalam pilkada, cuti hanya hingga masa kampanye selesai," kata Lidia Moakay kepada Jubi di Kantor Bawaslu Papua, akhir pekan lalu.

Menurutnya, setelah masa kampanye selesai, calon petahana bisa aktif kembali melaksanakan tugas beberapa hari menjelang  pelaksanaan pemungutan suara.

"Meski hanya dalam tiga atau empat hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, tapi kan ada waktu. Berbagai kemungkinan bisa saja dilakukan," ujarnya.

Katanya, seharusnya calon petahana yang masa jabatannya belum berakhir ketika ikut pilkada, boleh kembali aktif setelah tahapan pilkada selesai.

"Masalah pilkada di Papua inikan kebanyakan karena diduga ada keterlibatan calon pertahana. Aturan kita yang harusnya dipertegas," katanya.

Loading...
;

Sebanyak 10 kabupaten dan satu kota di Papua melaksanakan pilkada serentak tahun ini. Sebagian besar di antaranya berakhir dengan gugatan di Mahkamah Konstitusi. Tiga kabupaten akan melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Ketiganya yakni Tolikara (PSU 18 distrik), Puncak Jaya (PSU enam distrik) dan Kabupaten Jayapura (PSU 229 TPS).

"Pelaksanaan PSU di Tolikara dan Puncak Jaya akan diambil alih KPU Papua yang disupervisi oleh KPU RI,” komisioner KPU Papua, Beatrix Wanane awal pekan ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top