Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hasil pemilu Tokelau diumumkan

Fofo Tuisano dari Atol Fakaofo terpilih sebagai Faipule, dan akan menjabat sebagai kepala pemerintahan Tokelau, yang disebut Ulu o Tokelau, dan Ketua Dewan Pemerintah Tokelau. – RNZI/ Supplied.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nukunonu, Jubi – Tokelau telah mengumumkan hasil pemilihan umum 2020 yang diadakan Kamis lalu (31/1/2020), diselenggarakan untuk memilih pemerintah ke-10 Tokelau. Fono (Parlemen Tokelau) di wilayah dari Selandia Baru itu terdiri dari 22 anggota dewan dari tiga atol yaitu Fakaofo, Nukunonu, dan Atafu.

Dari setiap atol dipilih seorang Faipule atau pemimpin, dan seorang Pulenuku atau kepala desa, serta 16 calon anggota dewan dari ketiga atol yang dipilih sebagai perwakilan umum di Fono.

Dua dari tiga atol Faipule telah terpilih kembali, Siopili Perez dari Atol Nukunonu dan Kelihiano Kalolo untuk Atol Atafu. Kelihiano Kalolo dari Atol Atafu adalah kepala pemerintahan Tokelau sebelumnya.

Sementara itu, selain terpilih menjadi satu-satunya Faipule yang terpilih untuk pertama kalinya, Fofo Tuisano, dari Atol Fakaofo juga akan menjabat sebagai Ulu o Tokelau – atau kepala pemerintahan – yang ke-29, dan ketua Dewan Pemerintahan Tokelau yang sedang berjalan. Ulu bergilir setiap tahun antara Faipule dari tiga atol Tokelau: Atafu, Fakaofo, dan Nukunonu.

Sejumlah perubahan juga terjadi dalam pemilihan kepala desa untuk ketiga atol.

Untuk Atol Atafu, Faamanui Tamoa mengambil alih posisi itu untuk pertama kalinya. Di Nukunonu, Lino Isaia telah terpilih kembali, namun ia pernah memegang peran itu sebelumnya. Dan di Fakaofo, Mose Pelasio telah terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga berturut-turut sebagai Pulenuku.

Loading...
;

Pemerintah Tokelau akan memulai masa jabatannya secara resmi pada Maret setelah dilantik pada sidang General Fono pertama tahun 2020. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top