Follow our news chanel

Hasil Pemilu Vanuatu 2020 akan diumumkan pekan depan

Komisi Pemilihan Umum Vanuatu akan mengumumkan hasil resmi pemilu nasional 2020 minggu depan. - DVU/ Adorina Massing
Hasil Pemilu Vanuatu 2020 akan diumumkan pekan depan 1 i Papua
Komisi Pemilihan Umum Vanuatu akan mengumumkan hasil resmi pemilu nasional 2020 minggu depan. – DVU/ Adorina Massing

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Setelah pemilu nasional Vanuatu dilaksanakan pekan lalu, semua kotak suara dari Provinsi TAFEA sudah sampai di Kantor Pemilihan Umum, sementara kotak-kotak suara dari semua daerah pemilihan di provinsi TORBA, PENAMA, SANMA, dan MALAMPA telah tiba di Port Vila hari Selasa (24/3/2020) menggunakan kapal RVS Tukoro.

Direktur Kantor Pemilihan Umum, Joe Johnson Iati, mengkonfirmasi kepada koran Daily Post Vanuatu senin kemarin, bahwa proses penghitungan suara akan terus dilanjutkan sambil menanti kotak suara yang belum sampai dari dapil TORBA, PENAMA, SANMA dan MALAMPA.

“Kantor Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan hasil resmi pemilihan umum nasional Vanuatu 2020 minggu depan, segera setelah penghitungan suara resmi dari semua kotak suara yang didatangkan dari seluruh daerah pemilihan selesai,” kata Iati.

“Jadi, hasil resmi pemilu akan diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum kepada rakyat Vanuatu minggu depan,” tegas Iati.

Memanfaatkan hasil pemilu awal, meski belum resmi, semua politisi di Vanuatu sudah mulai menghabiskan waktu berjam-jam tanpa henti untuk menelepon, mengirimkan pesan instan, dan menggunakan setiap taktik politik yang mereka miliki, untuk melobi satu sama lain dalam membentuk pemerintah berikutnya, yaitu badan legislatif ke-12 negara itu.

Selama kampanye politik menjelang pemilu, politisi dan partai-partai politik mereka, seperti biasanya, menjauhkan diri dari satu sama lain dan mengampanyekan kebijakan politik mereka masing-masing kepada pemilih.

Loading...
;

Tetapi sekarang, setelah hasil awal mulai diumumkan, itu mengindikasikan kemungkinan besar akan ada pemerintah koalisi lagi.

Parpol-parpol yang memenangkan banyak kursi di parlemen sudah jelas ingin memimpin pemerintahan yang baru dengan memegang dua jabatan tertinggi, perdana menteri dan wakil perdana menteri.

Berdasarkan hasil penghitungan tidak resmi partai Graon mo Jastis mendapatkan 9 kandidat, partai Vanuatu Leaders Party dengan 7 anggota parlemen, partai Union of Moderates Party (UMP) dengan 5 MP terpilih, Vanua’aku Pati (VP) punya 7 suara, pantai National United Party dengan 4 kursi, partai Nagriamel Movement mengamankan 2 kursi, partai Iauko Group dengan 2 perwakilan. Masih terlalu dini untuk memperkirakan dengan pasti jumlah kursi setiap partai, namun dalam beberapa hari ke depan akan terlihat aliansi kelompok-kelompok politik yang besar dan partai-partai politik dengan masing-masing satu, dua dan tiga kursi di parlemen, karena semuanya akan menentukan pembentukan pemerintah baru.

Daily Post telah berusaha untuk mewawancarai beberapa presiden parpol namun tidak ada yang bersedia untuk berkomentar. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top