HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Hasil Referendum Bougainville : 98 persen rakyat Bougainville pilih merdeka dari PNG

Proses perhitungan surat suara referendum Bougainville – IST/Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wilayah otonom Bougainville telah selesai melakukan referendum dan perhitungan suara. Hampir 100 persen rakyat Bougainville memberikan suara mereka untuk berpisah dari Papua New Guinea (PNG). Ini membuka peluang Bougainville menjadi sebuah negara baru.

Setelah perhitungan suara dilakukan sejak Selasa hingga Rabu (10-11/12/2019) 98 persen dari lebih dari 180.000 penduduk di Bougainville memilih kemerdekaan dan kurang dari 2% (3.043 orang) memilih tetap sebagai bagian dari PNG tetapi dengan “otonomi yang lebih besar”. Sementara surat suara yang tercatat tidak sah ada sekitar 1.096. Pengumuman hasil referendum ini telah disahkan oleh Komisi Referendum Bouganiville di Buka, Rabu siang.

Namun, Bougainville tidak akan menjadi negara baru dalam semalam, karena hasil referendum tidak mengikat. Kepemimpinan PNG dan Bougainville harus bernegosiasi hingga keputusan akhir tentang apakah Bougainville akan diizinkan untuk melepaskan diri dari PNG melalui persetujuan parlemen PNG.

Dalam pengumuman hasil di Buka, Rabu (11/12/2019), Sir Puka Temu, menteri PNG untuk Bougainville, mengatakan hasil referendum sebagai salah satu yang harus dilihat sebagai kesuksesan. Namun ia mengingatkan rakyat Bougainville bahwa referendum tidak mengikat dan bahwa parlemen nasional PNG “memiliki otoritas finalโ€atas hasilnya.

Temu mengatakan perdana menteri PNG, James Marape, akan membuat pernyataan dalam beberapa hari mendatang tentang road map Bougainville.

“Saya tidak akan mempresentasikan hasil referendum kepada parlemen sampai konsultasi selesai,โ€ kata Temu.

Loading...
;

Sementara Presiden wilayah otonom Bouganinville, John Momis mengatakan referendum ini adalah hasil yang sangat besar dan mengapresiasi pemerintah PNG.

โ€œIni adalah pengumuman politik yang transformasional dan oleh karena itu tolong beri PNG waktu yang cukup untuk menyerap hasil ini,” kata Momis. (*)

Baca juga  DLH bantu bersihkan sampah di Pasar Pharaa Sentani

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa