Follow our news chanel

Previous
Next

Hasil tidak resmi pemilu Vanuatu tunjukkan caleg baru mendominasi

Hasil tidak resmi pemilu Vanuatu tunjukkan caleg baru mendominasi 1 i Papua
Anggota kepolisian Vanuatu dan masyarakat lokal membantu pemilih lansia penyandang disabilitas di TPS Walarano. – DVU/ Glenda Willie

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Hingga Jumat tengah malam kemarin (20/3/2020), hasil pemilihan umum 2020 Vanuatu yang tidak resmi, dari 19 dari 36 TPS di daerah pemilihan Malekula, menunjukkan sejumlah hasil yang mencengangkan.

Tiga kandidat yang baru, termasuk seorang kandidat perempuan, berhasil masuk ke tujuh besar, menurut hasil pemilu tidak resmi itu.

Seorang caleg baru yang maju dengan partai Graon mo Jastis Pati telah memperoleh jumlah suara tertinggi sejauh ini untuk Dapil Malekula. 

Hasil tidak resmi menunjukkan bahwa Edmond Julun dari Desa Tautu memiliki 635 suara secara menyeluruh.

Mantan Perdana Menteri dan politisi senior, Sato Kilman dari partai People’s Progressive Party (PPP) adalah pemenang kedua, menurut hasil tidak resmi. Kilman mendapatkan 592 suara. 

Kilman diikuti oleh mantan Anggota Parlemen (MP) dari Vanua’aku Pati (VP) Kaltaliu Simeon yang mengantongi 467 suara. Hasil tidak resmi juga menunjukkan bahwa 411 orang di 19 TPS telah memilih mantan MP, Marcelino Telukluk, seorang kandidat dari partai mantan PM Charlot Salwai, Reunification of Movement for Change (RMC).

Loading...
;

Diana Meltek Willie, anak perempuan dari mantan juru bicara Parlemen dan mantan MP, Esmon Saimon, yang maju untuk pertama kalinya, mendapatkan 383 suara. 

Kandidat dari partai Leaders Party of Vanuatu (LPV), Menzies Samuel, memperoleh 373 suara dan mantan MP yang dikeluarkan dari Parlemen karena absen dari tiga sidang berturut-turut selama Rapat Luar Biasa Parlemen  pada 2019, Gracia Shedrack, memenangkan 353 suara secara keseluruhan, menurut penghitungan tidak resmi hasil pemilu. 

Setidaknya 258 orang memilih mantan Menteri Kehakiman, Don Ken. 

Jumlah suara ini masih dapat berubah karena masih ada 17 TPS di dapil itu belum menyerahkan hasil sementara mereka.

Ada 33.790 pemilih yang terdaftar di Dapil Malekula. Setidaknya 38 kandidat maju dalam pemilu ini untuk tujuh kursi yang diperebutkan di dapil ini.

Hasil awal pemilu 2020 juga menunjukkan ada empat pengacara yang telah berhasil memenangkan kursi di daerah pemilihannya masing-masing.

Keempat pengacara itu termasuk mantan Pemimpin Oposisi sekaligus wakil presiden partai Union of Moderate Party (UMP), Ishmael Kalsakau. Willie Daniel dari UMP dari daerah pemilihan Tongoa, dan Robin Kapapa, juga kandidat UMP, di daerah pemilihan Tanna.

Pengacara terkenal lainnya yang terpilih, menurut hasil tidak resmi itu, di daerah pemilihan Pulau Terluar Tafea, adalah Edward Nalyal dari partai politik VP. (Daily Post Vanuatu

Editor : Kristianto Galuwo 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top