TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Helikopter Afganistan bertabrakan saat bertempur dengan milisi Taliban

Jubi Papua
Ilustrasi kecelakaan helikopter – Jubi/Tempo.co

Papua No.1 News Portal | Jubi,

Jakarta, Jubi – Tercatat dua helikopter Afganistan bertabrakan dan menimbulkan sembilan anggota pasukan tewas saat bertempur pasukan Taliban di Provinsi Helmand, tepatnya di Distrik Nawa-i-Barakzayi sebelah selatan negara itu, pada Selasa, (13/10/2020).

“Pasukan Afganistan sedang menghadapi pasukan Taliban di sejumlah front,” tulis Anadolu pada Rabu, (14/10/2020) kemarin.

Baca juga : Pasukan Afghanistan dan Taliban berebut pangkalan militer 

Pemilu AS, Taliban bantah dukung Trump 

Dalam kondisi kesulitan, Afghanistan sumbang 1 juta dolar untuk UNRWA

Insiden helikopter tabrakan terjadi beberapa saat setelah kedua helikopter terbang. Pemerintah Afganistan mengeklaim berhasil menghalau serangan besar pasukan Taliban di Helmand dan menewaskan sekitar 70 orang penyerang.

Pasukan Afganistan juga menangkap Mawlawi Ghafur, deputi gubernur bayangan Taliban untuk Provinsi Helmand, yang baru saja dilepaskan dari penjara. Dia ditangkap saat memimpin pasukan Taliban menyerang pasukan Afganistan di Distrik Nahr-e-Saraj.

Pada saat yang sama, juru bicara Gubernur Helmand, Omar Zwak, mengatakan pasukan menarik diri dari pos penjagaan di area Babaji di sekitar Kota Lashkargah.

Sejumlah akun sosial media pendukung Taliban mengatakan ini terjadi karena pasukan itu mulai memasuki Kota Lashkargah.

Berdasarkan kesepakatan damai AS-Taliban yang tercapai pada Februari 2020, kelompok penyerang tidak boleh menyerang kota besar atau ibu kota provinsi. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us