TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Helikopter Turki jatuh tewaskan 11 tentara, di antaranya seorang jenderal

Jubi Papua
Ilustrasi kecelakaan helikopter – Jubi/Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Helikopter Turki jatuh pada Kamis (4/3/2021) kemarin. Insiden itu menyebabkan sebelas tentara Turki tewas, termasuk seoarang jenderal dan.

Kementerian Pertahanan Nasional Turki menyebut helikopter itu hilang kontak saat terbang di Provinsi Bitlish, 30 menit setelah lepas landas. Gambar televisi dari lokasi kecelakaan menunjukkan tanah diselimuti salju dan jarak pandang terhambat oleh awan tebal di wilayah pegunungan.

Awalnya disebut sembilan orang tewas dan empat orang luka-luka. Kemudian datar diperbarui korban tewas menjadi 11 orang.

Helikopter serba guna Cougar dikembangkan oleh Prancis dan sekarang diproduksi oleh Airbus.

Baca juga : Legenda NBA, Kobe Bryant, meninggal kecelakaan helikopter

Pesawat militer di Ukraina jatuh tewaskan 25 orang

Insiden kecelakaan pesawat militer terjadi di Meksiko dan Nigeria

Diketahui, kecelakaan itu terjadi di wilayah yang kerap dijadikan operasi militer terhadap milisi Kurdi.

Kementerian Pertahanan Turki menyebut kecelakaan itu melibatkan helikopter Cougar tetapi tidak memberikan rincian tentang model helikopter tersebut.

Sementara itu saksi mata dari desa Cekmece, distrik Tatvan Davut Bikec, mengatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

“Kami tidak tahu kalau helikopter itu jatuh […] Setelah beberapa lama, anak saya bilang, ‘ada helikopter jatuh’ ,” ujar Bikec, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Dia mengatakan ada 4 orang yang terluka, salah satunya terkubur di bawah bangkai pesawat. “Mulutnya penuh dengan salju. Saya membersihkan salju dan membantunya bernapas,” ucapnya.

“Saya bertanya apakah dia baik-baik saja. Dia mengatakan kepada saya, ‘Saya baik-baik saja’,” kata Bikec, seraya menambahkan dia menggali salju dengan tangannya untuk membantu tentara yang terperangkap itu.

Kecelakaan helikopter itu bukan yang pertama kali. Sebelumnya, pada 2017, sebuah helikopter militer jatuh di tenggara provinsi Sirnak dekat perbatasan Turki dengan Suriah dan Irak, menewaskan 13 tentara. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us