Hijaukan areal kritis untuk cegah kebakaran lahan

Papua
Penyerahan bibit penghijauan kepada warga Kampung Toware, Distrik Whaibu, Kabupaten Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi –   Pemuda Pencinta Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura menghijaukan areal kritis untuk mencegah kebakaran lahan di Kampung Toware, Distrik Waibhu. Mereka juga membagikan bibit untuk ditanam pada pekarangan rumah warga.

“Lahan yang ditumbuhi rumput dan ilalang (semak belukar) rawan terbakar pada saat kemarau. Karena itu, kami tanami pohon di Toware,” kata Ketua Pemuda Pencinta Lingkungan Hidup (PPLH) Kabupaten Jayapura Manasse Bernard Taime, Selasa (8/12/2020).

Dia mengatakan ada 100 bibit cemara dan 150 bibit trambesi mereka tanam di Toware. Lokasi penanamannya berjarak sekitar 20 meter dari jalan kampung.

“Kami juga membagikan  100 bibit pucuk merah kepada warga untuk ditanam di halaman rumah masing-masing. Warga sangat mendukung penanaman pohon (pada lahan kritis). Kami berharap para pemuda setempat proaktif dalam kegiatan lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, Toware juga memiliki potensi dalam usaha pertanian. Lahannya subur sehingga cocok ditanami sayur.

“Selain ditanami pohon (penghijauan), lahan-lahan tidur  dapat digarap untuk usaha pertanian. Jika itu dikelola dengan baik, dapat meningkatkan perekonomian warga,” jelas Taime.

Kepala Kampung Toware Maklon Tingkoye mengakui lahan tidur di wilayah mereka memang belum dikelola. Namun, mereka berencana membentuk kelompok tani untuk menggarap lahan tersebut. “Lahan sepanjang 3-4 kilometer menuju Danau Sentani belum dikelola sehingga ditumbuhi ilalang.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top