Follow our news chanel

Hilang kontak selama 18 hari, helikopter MI-17 belum terdeteksi

Pesawat CN-295/AI-2907 yang melakukan pencarian melalui udara dengan rute Sentani-Oksibil-Sentani - Dok. Pendam XVII Cenderawasih
Hilang kontak selama 18 hari, helikopter MI-17 belum terdeteksi 1 i Papua
Pesawat CN-295/AI-2907 yang melakukan pencarian melalui udara dengan rute Sentani-Oksibil-Sentani – Dok. Pendam XVII Cenderawasih.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Keberadaan helikopter MI-17 nomor seri HA-5138 yang hilang kontak sejak 18 hari lalu di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua belum terdeteksi hingga kini.

Helikopter milik TNI milik Angkatan Darat tersebut hilang kontak tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang pada 28 Juni 2019.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Muhammad Aidi mengatakan hingga, Senin (15/7/2019) tim yang melakukan pencarian melalui udara dan darat belum menemukan tanda-tanda keberadaan helikopter yang membawa tujuh kru dan lima prajurit TNI itu.

“Pencarian melalui udara pada hari ini menggunakan pesawat CN-295/AI-2907. Pesawat ini terbang dari Baseops Lanud Silas Papare Sentani Kabupaten Jayapura ke Oksibil,” kata Kolonel M. Aidi dalam rilis pers yang diterima Jubi, Senin (15/7/2019) malam.

Menurutnya, selain melakukan pencarian melalui udara dari Sentani, Kabupaten Jayapura ke Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, pesawat yang lepas landas dari Baseops Lanud Silas Papare pukul 08.00 waktu setempat ini, juga membawa logistik untuk keperluan tim SAR di Oksibil.

Sepanjang perjalanan dari Sentani ke Oksibil dan sebaliknya menurut Kolonel M. Aidi, pesawat terbang di atas ketinggian 13.500 hingga 16.500 feet. Namun hingga pesawat kembali mendarat di Sentani pukul 11.15 waktu setempat, tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan helikopter MI-17.

Loading...
;

“Pencarian pada hari ke-18 dinyatakan selesai dan akan dilanjutkan pada Selasa (16/7/2019),” ujarnya.

Akhir pekan kemarin, Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan pencarian akan terus dilakukan pihaknya hingga helikopter MI-17 ditemukan.

“Tetap kami melakukan pencarian. Kami tetap semangat untuk mencari hingga helikopter MI-17 ditemukan,” kata Mayjen TNI Yosua Sembiring.

Menurutnya, Papua memiliki kondisi cuaca yang terbilang ekstrem, kondisi hutan di pedalaman yang sangat lebat, juga kontur pegunungan yang menjulang dan curam. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top