Hotel di Tokyo minta maaf gara-gara tanda diskriminatif

Diskriminatif, Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Hotel di Tokyo meminta maaf atas tindakan yang dianggap diskriminasi saat pembedakan layanan melalui sebuah tulisan di lift “Hanya orang Jepang” dan “Khusus warga asing”. Tulisan itu  ramai di media sosial jelang Olimpiade, meski tanda itu untuk memisahkan pergerakan tamu sesuai panduan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo untuk mencegah penularan Covid-19.

Salah satu pejabat Hotel Akasaka Excel Tokyu, Tokyo mengakui telah memasang tulisan, namun ia menegaskan tidak ada niat untuk mendiskriminasi orang asing.

“Kami mencoba membuat agar mudah dimengerti, tapi akhirnya menyebabkan kesalah pahaman,” kata pejabat itu, dikutip CNN, Selasa (13/7/2021).

Baca juga : Dituding diskriminatif terhadap Islam, China : Ada 24.400 masjid di Xinjiang

Muslim Utsul protes larangan berhijab oleh pemerintah Cina

Jepang izinkan warga Myanmar perpanjang masa tinggal

Loading...
;

Pejabat itu mengaku sudah dihapus tanda tulisan pembeda itu pada Minggu (11/7/2021) pagi. Pengelola hotel juga sedang mendiskusikan dengan kantor pusat mengenai tindakan apa yang tepat untuk diterapkan di hotel itu untuk menyambut Olimpiade.

Sebelumnya, tanda pemisahan itu viral di media sosial. Banyak netizen Jepang yang mengkritik dan menganggapnya sebagai bentuk pembedaan sikap. “Apartheid telah dihidupkan kembali di Jepang,” kata salah satu warga Jepang di Twitter.

Beberapa orang menyamakan tanda-tanda itu dengan perilaku “Jim Crow” Amerika Serikat yang dirancang untuk mencegah orang kulit hitam memilih di Deep South AS. Namun ada pula warganet yang tidak mengaitkan tanda itu dengan sikap yang mengarah pada diskriminasi. “Virus itu tidak ada hubungannya dengan kebangsaan,” cuit pengguna Twitter lain, Anna.

Sejauh ini ledakan kasus Covid-19 baru terjadi di Tokyo. Penambahan kasus di kota ini terus meningkat setiap pekan. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top