Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat berbincang dengan kolega. - Jubi/Ramah

Hotel Sahid Papua tidak digunakan lagi sebagai ‘rumah sehat’ penanganan Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan Hotel Sahid Papua¬†sudah tak lagi dijadikan sebagai ‘rumah sehat’ penanganan pasien Covid-19, karena jumlah kamar tidak sebanding dengan jumlah pasien.

“Hotel Sahid Papua dari sisi isolasi sudah kami tutup, karena yang di awat tersisa 51 orang sehingga kami gabung dengan pasien di LPMP Papua,” ujar Rustan di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Rustan, jumlah kamar yang tersedia di Hotel Sahid sebanyak 250, yang disiapkan untuk penanganan warga yang terpapar Covid-19.

“Jadi, satu tempat saja supaya efektif, efisien, dan tidak terlalu memperluas jangan pengawasan kami,” ujar Rustan.

Terkait biasa sewa hotel, dikatakan Rustan, akan dihitung sesuai dengan data orang per kamar. Artinya, satu pasien menggunakan satu kamar.

“Kalau dulu digunakan per blok, sekarang kami pakai hitungan per kamar supaya memudahkan kami melakukan pembayaran. Kami menyewa Hotel Sahid sebagai bentuk tanggung jawab dan perhatian pemerintah untuk menjaga keselamatan warga,” ujar Rustan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan penanganan pasien Covid-19 di Hotel Sahid Papua layaknya seperti di rumah sendiri.

Loading...
;

“Artinya, keluarga pasien masih bisa mengantarkan makanan kepada keluarganya yang terpapar Covid, dan sekaligus bersilaturahmi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Antari.

Dikatakan Antari, pelayanan yang diberikan seperti pemberian vitamin untuk memperkuat imun tubuh, olahraga dan berjemur di pagi hari, serta penguatan mental dan spiritual.

Selain itu, alat makan dan minum yang di pakai pasien hanya sekali pakai, dan dilakukan penyemprotan disinfektan tiga kali dalam sehari.

“Kami bersyukur angka kesembuhan di Hotel Sahid sangat tinggi. Jumlah pasien yang sembuh kurang lebih hampir seribuan orang. Tetap waspada, supaya jangan kena lagi covid, dengan menjaga kesehata, terapkan pola hidup bersih, dan taati protokol kesehatan,” ujar Antari.

Antari menambahkan, kumulatif positif Covid-19 di Kota Jayapura sudah mencapai 5.328 orang, dirawat ada 1.874, sembuh 3.372, meninggal 82 orang. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top