Follow our news chanel

Previous
Next

Hujan redakan sementara kebakaran hutan di Australia

Petugas memadamkan kebakaran hutan yang meluas di Australia - Antara/Reuters.
Hujan redakan sementara kebakaran hutan di Australia 1 i Papua
Petugas memadamkan kebakaran hutan yang meluas di Australia – Antara/Reuters.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Melbourne, Jubi – Hujan dengan intensitas ringan membantu upaya pemadaman kebakaran hutan yang telah menewaskan 24 orang di Australia Tenggara. Namun, kondisi panas dan berangin diperkirakan kembali terjadi pada akhir pekan ini.

Rueters melaporkan hujan mengguyur kawasan di sepanjang pantai, dari Sydney hingga Melbourne. Suhu udara yang dalam beberapa hari terakhir mencapai 40 derajat selsius turun hingga sekitar separuhnya.

“Tidak ada ruang untuk berpuas diri. Kami masih memiliki lebih dari 130 kebakaran hutan (yang mesti ditanggulangi) di seluruh negara bagian,” kata Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian, Senin (6/1/2020).

Sebanyak dua orang dilaporkan hilang akibat kebakaran hutan di New South Wales. Otoritas penanggulangan kebakaran setempat juga masih menilai kerugian akibat kebakaran yang merusak kota-kota kecil di tenggara negara bagian Australia tersebut.

“Pagi ini semua tentang pemulihan, memastikan orang-orang yang terlantar memiliki tempat yang aman (untuk tinggal). Memastikan kami juga memiliki sumber daya untuk membersihkan jalan, dan puing-puing yang ada,” kata Berejiklian.

Pejabat pemadam kebakaran setempat menyatakan walaupun hujan membantu upaya pemadaman, hal itu menimbulkan tantangan dalam mengurangi dan mengendalikan kebakaran hutan pada masa mendatang. Australian Broadcasting Corp melaporkan di Teluk Batemans di Pantai Selatan New South Wales, listrik diperkirakan tetap menyala selama beberapa hari lagi. Di Bermagui, persediaan makanan dan bahan bakar hampir habis.

Loading...
;

Kebakaran hutan berdampak serius di Australia.  Ribuan wisatawan dan penduduk setempat terdampar di pantai pada puncak musim liburan musim panas. Mereka berlindung dari kebakaran hutan yang tidak terkendali.

Kemudian, lebih dari 1.000 warga Mallacoota di Victoria dievakuasi dengan dua kapal angkatan laut pada Jumat. Sebelumnya, warga lain telah dievakuasi dengan helikopter dari sejumlah kota yang akses daratnya terputus akibat kebakaran hutan.

Musim kebakaran mulai lebih awal dan berlangsung abnormal daripada tahun-tahun sebelumnya. Kemarau berkepanjangan membuat banyak kawasan semak belukar mengering sehingga rentan terbakar. Diperkirakan lebih 5 juta hektare lahan rusak selama musim kering.

Pemerintah Federal Australia telah meningkatkan upaya dalam mengatasi keadaan darurat nasional tersebut sejak akhir pekan. Mereka mengerahkan tentara untuk membantu petugas pemadam kebakaran. Pengerahan bala bantuan militer belum pernah terjadi sebelumnya dalam penanggulangan kebakaran hutan di Australia. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top