HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ikuti lokakarya literasi digital, guru di Kabupaten Jayapura diminta semakin kreatif

Ratusan guru peserta Seminar dan Workshop Literasi Digital bagi Tenaga Pendidik di Kabupaten Jayapura mengacung tangan sebagai simbol salam literasi. – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Ratusan guru di Kabupaten Jayapura mengikuti Seminar dan Workshop Literasi Digital bagi Tenaga Pendidik di Sentani, Rabu (11/3/2020). Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro berharap lokakarya itu akan menjadi bekal agar para guru dapat mengembangkan kreatifitas mereka dalam era digital.

Giri Wijayantoro menyatakan berbagai teknologi yang sekarang digunakan oleh masyarakat menunjukkan bahwa perubahan zaman terjadi secara terus menerus. Perkembangan teknologi digital itu membuat perubahan cara bekerja banyak orang, termasuk guru.

“ Cara manual itu sudah tidak jaman lagi. Guru sudah tidak repot untuk membuat laporan kerja, laporan mengajar. [Guru] bahkan [bisa] memutahirkan lembar kerja dan [mengetahui] kurikulum baru hanya dengan [gawai] android atau laptop yang terhubung jaringan internet,” kata Giri sebelum membuka seminar dan workshop itu.

Terkait dengan ketersediaan infrastruktur pendukung di Kabupaten Jayapura, Giri menyatakan pihaknya telah berkolaborasi dengan perusahaan swasta penyedia jasa teknologi informasi. Giri meminta para guru bisa menggunakan teknologi untuk bekerja dengan kreatif. “Sekarang, ketika fasilitasnya disediakan, guru bisa kreatif atau tidak?” tantang Giri.

Giri meminta Dinas Pendidikan dan Dinas Informatika dan Komunikasi harus bersinergi untuk menyiapkan fasilitas serta prasarana yang dibutuhkan guru. “Internet masuk sekolah sudah kita lakukan. Internet masuk kampung sudah dan sedang dikerjakan. Sekarang, tenaga pendidik harus mampu memanfaatkan fasilitas tersebut dalam setiap kerja dan pelayanan mereka,” katanya.

Anggota Komisi I DPR-RI dari Daerah Pemilihan Papua, Yan Mandenas yang turut hadir dalam seminar dan workshop itu menyatakan pihaknya akan mendorong penyediaan berbagai kebutuhan masyarakat demi meningkatkan pelayanan pendidikan di Papua. “Ini memang tugas Komisi IX DPR RI. Tetapi ada banyak masukan yang telah kami sampaikan kepada komisi terkait, juga kepada kementerian terkait. Topografi wilayah juga menjadi kendala, karena pihak swasta yang bekerja akan memperhitungkan sisi bisnisnya. Hal ini tetap menjadi perhatian serius kami,” pungkasnya. (*)

Loading...
;
Baca juga  Pendidikan di Papua membutuhkan perhatian pemerintah pusat 

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa