Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Imigrasi akan hadir di Wamena dan bentuk tim pengawasan WNA

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena, Jubi – Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jayapura, merencanakan membangun sebuah kantor perwakilan di Jayawijaya dalam waktu dekat, sekaligus membentuk tim pengawasan orang asing.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura, Gatut Setiawan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membentuk kantor perwakilan dan juga tim pengawasan Warga Negara Asing (WNA) di Jayawijaya yang bersinergi dengan pihak kepolisian maupun Forkopimda lainya.

Imigrasi akan hadir di Wamena dan bentuk tim pengawasan WNA 1 i Papua

“Di Jayawijaya akan dibentuk tim pengawasan warga negara asing. Forkopimda akan menjadi salah satu anggota tim pengawasan ini,” katanya usai bertemu pemerintah daerah, Rabu (31/10/2018) di ruang kerja Sekda Jayawijaya.

Dijelaskannya, tim pengawasan WNA ini melibatkan sejumlah pihak termasuk kepolisian dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Saat ini, menurutnya di Jayawijaya semakin banyak didatangi WNA dengan bermacam-macam kepentingan. Baik dalam rangka wisata atau unsur lain yang menyangkut keamanan negara.

“Mudah-mudahan November ini tim akan terbentuk, ini nantinya akan menghimpun sebanyak-banyaknya informasi dan keberadaan orang asing, jika nantinya orang asing ini berkegiatan yang tidak sesuai bahkan melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan undang-undang, maka akan ditangani langsung oleh lembaga sesuai tugas masing-masing,” tambah Gatut.

Loading...
;

Ia menegaskan hal ini juga sesuai dengan amanat undang-undang nomor 6/2011 tentang keimigrasian pasal 1 angka ke 3 yang menjelaskan salah satu fungsi keimigrasian ialah penegakan hukum dan keamanan negara, juga fasilitator pembangunan untuk masyarakat.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba mengungkapkan rencana keimigrasian ini sangat didukung Polri agar keluar masuknya WNA dapat terpantau dengan baik sesuai tugas masing-masing institusi.

“Misalnya pelanggaran mengenai dokumen keimigrasian itu ranahnya imigrasi, kalau tindak pidana kepolisian dan jaksa. Ini yang perlu segera didorong, agar pengawasan terhadap orang asing bisa berjalan semaksimal mungkin. Karena volume kunjungan WNA di Jayawijaya cukup padat, terutama ada event daerah seperti FBLB,” ujar Yan Reba.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo mengaku hal ini penting untuk melindungi keberadaan WNA di Jayawijaya, juga dapat membantu pemerintah maupun masyarakat yang hendak berpergian ke luar negeri.

“Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mengurus paspor ke Jayapura jika kantor imigrasi sudah ada di Wamena,” katanya.

Namun ia juga akui jika pertemuan ini baru sekedar penjajakan pihak imigrasi untuk membuka kantor perwakilan, meskipun pada prinsipnya pemerintah daerah mendukung.

“Saya belum menyetujui karena kepala daerah harus mengetahui terlebih dahulu. Kita akan rapat bersama dengan pihak terkait baik kepolisian, Kesbang dan Forkompimda untuk menindaklanjuti rencana ini,” ujar Walilo. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top