Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Imigrasi Kemenkum HAM Papua catat 1300 WNA miliki izin tinggal

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM Papua (tengah) saat diwawancara - Jubi/Ramah
Imigrasi Kemenkum HAM Papua catat 1300 WNA miliki izin tinggal 1 i Papua
Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM Papua (tengah) saat diwawancara – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Kantor Wilayah Papua mencatat, sebanyak1300 orang Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal di Papua.

“Warga negara asing yang tinggal di Papua selalu up and down atau habis izin tinggalnya pergi ada juga yang datang,” ujar Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM Papua, Hermansyah Siregar saat buka puasa bersama awak media di Jayapura, Rabu (22/5/19).

Menurut Siregar, pemerintah Indonesia memberlakukan visa bebas kunjungan terhadap 169 warga negara asing. Bisa masuk ke Indonesia tanpa memiliki visa di 130 check poin di Indonesia.

“Ketika mereka masuk bisa keliling Indonesia ke tempat-tempat wisata termasud di Papua. Untuk mengetahui orang asing di Kota Jayapura, sarana paling efektif kami bekerja sama dengan hotel, dan pemerintah daerah,” kata Siregar.

Diungkapkan Siregar, WNA sebelum memperpanjang izin tinggal, tidak bisa diketahui secara persis sebab bebas visa masa berlakunya selama 30 hari atau satu bulan, dan tidak bisa diperpanjang.

Diakui Siregar, imigrasi tidak hanya melayani masyarakat dalam hal pemberian paspor, selain fungsi pelayanan keimigrasian, imigrasi juga berfungsi sebagai penegak hukum, keamanan Negara dan fasilitator pembangunan.

Loading...
;

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian memberikan kewenangan kepada pihak imigrasi untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing yang akan masuk ataupun tinggal di wilayah Indonesia.

“Kalau pakai visa baru bisa diperpanjang di Kantor Imigrasi baru kami tau ada orang asing di Kota Jayapura. 1300 orang WNA ini dari Negara Amerika, Jepang, dan Korea,” jelas Siregar.

Sementara itu, Kepala Bidang Izin Tinggal dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Papua, Darwanto menyatakan, selain pengawasan yang disebutkan tadi, yang sering menjadi masalah adalah perihal masa izin tinggal. Untuk itu, perpanjangan izin tinggal juga bisa dilakukan oleh warga negara asing di kantor imigrasi.

“Kecuali di tempat masuknya orang asing dilakukan aparat keamanan. Izin tinggal ada yang satu bulan, dua tahun, dan ada juga yang lima tahun bahkan 10 tahun,” jelas Darwanto. (*)

 

Editor      : Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top