HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Indonesia terus tawarkan Biak sebagai tempat peluncuran satelit

Ilustrasi satelit - Jubi/shutterstock.com
Indonesia terus tawarkan Biak sebagai tempat peluncuran satelit 1 i Papua
Ilustrasi satelit – Jubi/shutterstock.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Indonesia melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN terus menawarkan investasi pembangunan pusat peluncuran satelit di Biak, Papua. Biak terus ditawarkan agar Indonesia bisa memiliki pusat peluncuran satelit di Tanah Air.

Kepala Bidang Diseminasi LAPAN  Wahyudi Hasbi dalam diskusi terbatas tentang penerapan satelit nano di bidang perhubungan yang berlangsung di Jakarta, Jumat (29/3/2019). Ia mengakui bahwa prospek Biak sebagai lokasi peluncuran satelit belum pernah ditawarkan secara terbuka dalam forum bisnis.

Indonesia terus tawarkan Biak sebagai tempat peluncuran satelit 2 i Papua

Akan tetapi, Indonesia terus menawarkan peluang investasi pusat peluncuran satelit di Biak melalui pembicaraan informasi di berbagai forum internasional.”Kepala LAPAN kalau kemana-mana selalu bilang, Biak sudah boleh menjadi tempat peluncuran (satelit),” kata Wahyudi.

Ia menyatakan LAPAN sendiri telah memiliki lahan di Biak. Akan tetapi, Indonesia belum berhasil mendapatkan investor yang mau membiayai pembangunan stasiun peluncuran satelit di Biak.

LAPAN belum memiliki perhitungan besaran investasi yang dibutuhkan untuk membangun pusat peluncuran satelit di Biak. “Untuk stasiun sederhana hanya butuh lahan yang besar tinggal diratakan. Semakin kompleks akan semakin mahal. Tapi untuk di Biak ini kemungkinan untuk peluncuran satelit kecil dengan ukuran sampai 300 kg,” kata Wahyudi.

Biak memiliki keunggulan untuk menjadi tempat peluncuran satelit, karena berada sangat dekat dengan garis katulistiwa. Secara teknis, pelucuran satelit dari daerah yang dekat dengan garis katulistiwa membuat biaya bahan bakar peluncuran bisa dihebat banyak. “Jadi (faktor) lokasi ini penting untuk pemilihan tempat peluncuran, karena bahan bakar (adalah komponen biaya) paling besar (dalam peluncuran satelit),” katanya.

Loading...
;

Selain di Biak, Papua, lokasi lain yang diusulkan adalah Morotai, Maluku Utara. Pemerintah RI menetapkan Indonesia ditargetkan telah memiliki pusat peluncuran satelit sendiri pada tahun 2040.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa