HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ingin ubah citra KB, BKKBN berdiskusi dengan para tokoh di Papua  

Foto ilustrasi, anak-anak Papua – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Papua berdiskusi dengan para tokoh di Jayapura, Kamis (12/3/2020), membicarakan pelaksanaan program Keluarga Berencana di Papua. Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar mengatakan pihaknya ingin mengubah citra program Keluarga Berencana atau KB menjadi keluarga sehat dan sejahtera yang dipahami dan diterima masyarakat.

“KB saat ini harus transparan untuk masyarakat. Karena harapan kami adalah bagaimana wujudkan keluarga yang sehat, berkualitas dan generasi emas yang berkarakter untuk tanah Papua ke depan,” kata Charles Brabar di Jayapura, Kamis.

Dalam diskusi tersebut, para tokoh adat dan perempuan menginginkan bagaimana pemerintah tidak membatasi jumlah anak dalam keluarga. Tugas BKKBN hanya memastikan bagaimana mengontrol dan mensosialisasikan bagaimana membangun keluarga sehat, cerdas dan berkualitas.

“Apa yang menjadi masukan dari para tokoh akan dijadikan bahan evaluasi bagi BKKBN. [Kami] berharap bisa melakukan yang terbaik, sesuai dengan kearifan lokal Papua. Kami pada prinsipnya tidak melarang setiap orang untuk memiliki anak banyak. Kami punya tugas [adalah] memastikan bagaimana agar ibu dan anak itu tumbuh sehat, cerdas dan berkualitas,” ujar Brabar.

Ia mengakui, sebagian masyarakat masih menganggap Keluarga Berencana hanyalah sebatas “alat kontrasepsi” untuk membatasi jumlah kelahiran. Hal itu berlawanan dengan kearifan lokal di suatu daerah.

Brabar menyatakan Keluarga Berencana bukan tentang “kontrasepsi”, melainkan upaya meningkatkan kualitas keluarga, serta menjaga kesehatan ibu dan anak. “Salah satunya dengan menjaga jarak lahir antara anak satu dengan anak lain,” katanya.

Loading...
;

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jayapura Abisai Rollo, mengatakan program BKKBN ke depan adalah bagaimana orang Papua bisa melahirkan anak atau generasi emas yang pintar dan berkualitas untuk membangunan Bumi Cenderawasih dan Indonesia. “Pada dasarnya kami mendukung apa yang diinginkan BKKBN. Makanya dalam diskusi tadi ada beberapa hal yang kami sampaikan dengan program BKKBN ke depan,” kata Rollo. (*)

Baca juga  Pemprov Papua: Biak layak jadi lokasi peluncuran pesawat antariksa

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa