Ini alasan Bupati Isaias lantik kakam baru

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Nabire, Jubi – Bupati Nabire Isaias Douw, Selasa (1/8/17), menerima warga dari sejumlah kampung, untuk berkonsultasi terkait pelantikan kepala dan penjabat kakam beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan, Bupati Isaias mengatakan pelantikan sudah sesuai prosedur dan UU No. 6 tahun 2014, tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat kakam, guna menyelamatkan dana desa dan mempertimbangkan kondisi daerah Kabupaten Nabire. Kalau kebijakan ini tidak diambil segera, katanya, maka dana sekitar 72 milyar akan kembali ke kas negara. 

"Untuk menerima dana ini, kakam harus ada dasar hukum berupa SK Bupati. Sehingga sebagai pimpinan daerah harus mengambil kebijakan untuk diselamatkannya dana. Juga harus melantik dengan berpedoman pada aturan dan kondisi daerah. Kalau tidak lantik, pasti masyarakat tanya, kenapa mereka tidak dapat dana kampung?" kata Bupati Isaias.

Lanjut Bupati Isaias, stabilitas keamanan daerah Kabupaten Nabire selama kepemimpinannya dari periode pertama hingga kedua cukup kondusif. Maka dirinya menginginkan kondisi ini terus terpelihara.

"Kesuksesan dalam menjaga stabilitas daerah didukung TNI dan Polri, karena kami melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat termasuk dalam pengambilan kebijakan, dengan tetap mengedepankan aturan hukum yang berlaku dan mempertimbangkan kondisi daerah," tuturnya.

Bupati mengatakan, tujuan pelantikan kakam selain mengamankan dana kampung, juga mengedepankan pertimbangan kondisi daerah yang dihuni oleh berbagai suku dan daerah.

Loading...
;

"Ke depan, SK beberapa kakam, tetap dikaji dan berpedoman pada aturan hukum dengan mempertimbangkan kondisi daerah," katanya.

Bupati juga menyampaikan agar sejumlah kakam yang masa jabatannya sudah berakhir, segera membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahun 2015, 2016 dan tahun berjalan di 2017, juga mendukung kakam baru untuk menjalankan pembangunan kampung.

Usai menerima keterangan bupati, perwakilan sejumlah kampung pulang dengan tertib. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top