Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ini alasan Dueterte enggan perang lawan Cina

Benedera Philipina
Ilustrasi, David_Peterson/pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manila, Jubi Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengatakan militer negaranya tidak akan melawan Cina, terkait klaim kedaulatan oleh Beijing di wilayah Laut Cina Selatan. Duterte beralasan memilih diplomasi sebagai alternatifnya di luar perang.

“Cina mengeklaim (Laut Filipina Barat), kita juga mengeklaim. Cina punya senjata api tapi kita tidak punya. Jadi sederhana seperti itu. Mereka mengusai kawasan itu,” kata Duterte dalam pidato kenegaraan pada Senin, (27/27/2020).

Baca Juga : Filipina diguncang bom jelang akhir tahun

Duterte pilih tidur siang saat rapat KTT ASEAN

Duterte : Filipina lebih baik dipimpin oleh diktator

Duterte menjelaskan apa yang dimaksudnya soal sengketa perbatasan wilayah laut itu. “Dan saya tidak mampu lakukan itu. Mungkin presiden yang lain bisa. Tapi saya tidak bisa. Saya tidak berdaya. Saya mengatakan kepada Anda dan bersedia mengakuinya,” kata Duterte menjelaskan.

Loading...
;

Duterte tidak menjelaskan soal kesepakatan militer dengan Amerika. Meski pada awal 2020, dia memerintahkannya agar perjanjian ini dibatalkan. Namun, belakanganya dia menunda perintahnya itu.

Duterte juga menolak mengizinkan pendirian markas militer Amerika di Filipina. Dia beralasan jika perang terjadi, maka akan melibatkan senjata nuklir serta bisa membuat ras Filipina musnah. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top