Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ini alasan Kopena distribusikan sendiri bantuan kemanusiaan ke Sentani

Ini alasan Kopena distribusikan sendiri bantuan kemanusiaan ke Sentani 1 i Papua
Kopena dan All Community saat berada di posko banjir, RT. 03/RW.07 Kemiri, Sentani – Jubi/Dok Kopena.

Nabire, Jubi – Komunitas Peduli Nabire (Kopena) bersama All Community telah menyalurkan bantuan kemanusiaan yang digalang selama empat hari di Nabire, untuk  korban banjir bandang di Kampung Kemiri, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pembina Kopena, Bentot Yatipai di Nabire Sabtu, (30/03/2019) mengatakan, pihaknya ingin mendistribusikan sendiri hasil galangan dana bantuan tersebut kepada para korban.

Sebab kata dia, hal serupa pernah dilakukan pihaknya saat bencana gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala serta kebakaran di Pasar Kalibobo Nabire beberapa waktu lalu.

Ini alasan Kopena distribusikan sendiri bantuan kemanusiaan ke Sentani 2 i Papua

“Kami ingin memberikan langsung kepada para korban, tanpa melibatkan pihak posko induk. Hal serupa juga pada kasus sebelumnya kami kirim anggota komunitas, sama saat ini ke Sentani,” ujarnya.

Alasannya, hal tersebut bukan berarti tidak percaya pihak posko induk atau pemerintah setempat. Akan tetapi, tentunya, belum semua korban berdampak telah menerima bantuan.

Banyak masyarakat tak terjangkau karena bantuan banyak yang tertampung di posko. Apalagi pemerintah dan relawan punya keterbatasan. Jarak tempuh ke titik – titik pengungsi pasti terkendala faktor di lapangan.

“Dan juga, belum tentu semua warga terdampak sudah menerima bantuan. Maka, kehadiran semacam ini ikut bantu posko dan relawan di sana,” paparnya.

Loading...
;

Yatipai bilang, pihaknya ingin memastikan bantuan sampai pada yang berhak menerima. Memberi nilai kepercayaan kepada masyarakat yang telah mempercayakan donasinya kepada Kopena.

Pihaknya melakukan dengan mencari data dari tempat bencana, akhirnya data diperoleh dari warga yang  belum menerima bantuan.

“Dan juga kami ingin turun langsung dan melihat serta merasakan penderitaan dan beban yang korban alami,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris Kopena, Sintya Korowa menjelaskan empat perwakilan Kopena telah tiba di Jayapura pada Jumat, (29/03/2019). Mereka membawa 48 koli pakaian layak pakai, 1 karung beras, 1 kardus sarden, 8 pak popok bayi, 3 kardus pembalut wanita, 14 kardus mie instan dan uang tunai Rp 42.629.000 rupiah.

“Kami langsung ke salah satu posko yang sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan satu kakak di Sentani. Lalu dengan dana yang ada, kami belanjakan segala kebutuhan dan telah disalurkan langsung ke warga,” ujarnya.

Sintya, atas nama Kopena mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsihnya kepada para korban melalui komunitas itu.

“Kami juga ingin berterima kasih kepada seluruh masyarakat Nabire, Nabire All Community, penasihat dan  pembimbing Kopena, Bandar Udara Nabire, Wings Air dan Garuda Indonesia yang telah membantu kami dalam penyaluran bantuan,” ucapnya.

Salah seorang warga Jayapura, Herry Rihi menambahkan dirinya menerima pesan jika Kopena akan mendistribusikan sendiri bantuan ke warga tanpa melalui posko. Sehingga dia langsung mencari informasi dari seorang pendata, meminta data korban dan situasi terkini tepatnya di kampung Kemiri.

“Saya bantu Kopena dengan mencari data. Lalu saya dapat di wilayah Kemiri, yang lokasinya masih sulit dijangkau,” tuturnya.

Mereka lalu membelanjakan beberapa barang yang belum ada. Di daerah itu, terdapat 51 KK yang selamat, tetapi juga ada 30 orang yang tidur di kandang babi dan tidak memiliki pakaian, bahkan pria terpaksa memakai daster.

“Kami langsung belanja kebutuhan, susu, pakaian sekolah dan lainnya dan langsung mendistribusikan,” terangnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top