Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini destinasi wisata di Medan yang paling banyak dikunjungi

Ilustrasi wisatawan asing ketika melihat pernak-pernik khas Papua yang di jual oleh masyarakat – Jubi/Agus Pabika

“Namun, Malaysia masih menjadi pemasok wisatawan terbanyak Sumut atau 121 700 orang,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Medan, Jubi – Istana Maimun masih menjadi objek wisata terbanyak yang dikunjungi wisatawan nusantara maupun asing di Kota Medan. Destinasi yang paling banyak dikunjungi kedua adalah Masjid Raya yang juga masih menjadi bagian dari Kesultanan Deli.

“Dinas Pariwisata Kota Medan sedang dan terus berupaya meningkatkan kualitas objek wisata dan promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono, Minggu, (16/2/2020).

Baca juga : Tungkuwiri makin banyak dikunjungi wisatawan Kampung Nendali siapkan Rumokho sebagai tempat wisata Kampung Ifar Besar akan dikembangkan menjadi kampung wisata

Meski tidak merinci jumlah wisatawan yang mengunjungi istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan yang terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso itu, namun Agus menyebutkan selain dua kawasan itu, kawasan Tjong A Fie juga menjadi daya tarik bagi wisatawan di Kota Medan. Sedangkan wisman Kota Medan paralel dengan kunjungan ke Sumut selama ini mencapai 250ribun per tahun.

“Medan menjadi kota tempat transit dan menetap wisatawan yang datang ke Sumut,” kata Agus menambahkan.

Loading...
;

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi menyebutkan, tahun 2019, kunjungan wisman Sumut naik 10,17 persen dibandingkan 2018 atau mencapai 260.311 orang. “Kenaikan kunjungan didorong naiknya kedatangan wisatawan dari sejumlah negara seperti Belanda dan Taiwan,” kata Suhaimi.

Tercatat kunjungan wisatawan Belanda di 2019 sebanyak 6.795 dari di 2018 yang sejumlah 4.439. Sedangkan wisatawan Taiwan naik menjadi 3.408 dari 3.233 wisatawan pada tahun 2018.

“Namun, Malaysia masih menjadi pemasok wisatawan terbanyak Sumut atau 121 700 orang,” kata Suhaimi yang menyebut kunjungan wisatawan Malaysia pada tahun 2019 turun dibandingkan 2018 yang sudah sejumlah 139.878. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top