HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini empat penyakit yang perlu diwaspadai saat mudik

Ilustrasi, pemudik di stasiun kereta, pixabay.com

Selain menyediakan obat-obatan, dinas setempat juga mengimbau agar pemudik menjaga stamina dan kebersihan badan selama mudik.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Bekasi, Jubi  – Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat mengingatkan empat jenis penyakit yang rawan dialami para pemudik, khususnya di Bekasi. Selain menyediakan obat-obatan, dinas setempat juga mengimbau agar pemudik menjaga stamina dan kebersihan badan selama mudik.

“Keluhan penyakit yang sering dialami pemudik seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dehidrasi, diare dan infeksi jamur,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, Kamis (23/5/2019).

Berita terkait : Mahalnya tiket mudik dari Papua

Musim mudik lebaran, Basarnas Merauke bersiaga di 10 titik

Pemudik di Papua, belilah tiket di agen resmi

Loading...
;

Dezi mengatakan penyebab empat jenis penyakit itu berbeda-beda. Penyakit ISPA misalnya, disebabkan cuaca ekstrem terutama saat siang hari dan paparan debu di jalanan. “Karena itu, pemudik terutama pengendara sepeda motor diwajibkan menggunakan masker saat berkendara,” kata Dezi menambahkan.

Selain itu dehidrasi bisa terjadi karena kurangnya asupan air mineral saat berkendara. Bila kondisi ini didiamkan, dikhawatirkan bisa terjadi peningkatan suhu tubuh secara mendadak yang mengakibatkan pingsan seketika.

Ia menyarankan jika lelah segera beristirahat dan membawa bekal yang sehat serta cukup. “Jangan lupa juga minum air mineral yang cukup,” ujar Dezi menambahkan.

Penyakit diare yang juga rentan dialami para pemudik, hal itu sering disebabkan makanan yang dikonsumsi atau tangan yang kurang higienis, sehingga bakteri E. Coli mudah masuk ke saluran pencernaan. Bahkan bila tidak ditangani dengan baik, bisa mengakibatkan demam dan sakit perut yang berkepanjangan.

Baca juga : Jelang mudik lebaran, warga diimbau rajin cek informasi

Mudik lebaran, Bandara Wamena siapkan tambahan penerbangan

Dua posko mudik BPJS akan dibuka di Jayapura

Selain sejumlah gangguan penyakit itu, Dinkes Bekasi juga mengingatkan penyakit infeksi jamur yang sering menganggu perjalanan pemudik. Jenis penyakit itu sering terjadi pada bagian intim akibat berkeringat selama perjalanan sehingga berpotensi timbulnya jamur.

“Tidak hanya itu, penggunaan kloset jenis duduk di toilet umum juga berpotensi penularan penyakit jamur. Sebaiknya, pemudik mencari toilet jenis jongkok bila hendak buang air besar,” kata Dezi menjelaskan.

Infeksi jamur paling rawan terjadi bagi kaum perempuan terutama yang menggunakan pembalut. Karena terlalu memaksakan perjalanan.

Tidak hanya penyakit, rasa lelah yang teramat berat juga rawan terjadi di kalangan pemudik. Mereka memaksakan perjalanan karena ingin cepat sampai ke kampung halaman, tanpa memikirkan kondisi tubuh. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top