HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ini harapan mantan Direktur RSUD Paniai

Pelayanan kesehatan dari petugas kesehatan di RSUD Paniai – Jubi/IST
Pelayanan kesehatan dari petugas kesehatan di RSUD Paniai – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Enarotali, Jubi – Selama enam tahun memimpin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Paniai, dr Agus, M.Kes berhasil membawa rumah sakit tersebut sebagai rumah sakit rujukan subregional di wilayah Meepago, yang melayani masyarakat dengan prosentase 40 persen masyarakat Paniai, 30 persen warga Deiyai, 20 persen masarakat Dogiyai, dan sekitar 10 persen warga Intan Jaya.

“Puji Tuhan, RSUD Paniai mendapatkan peringkat ketiga se Provinsi Papua pada tahun 2019 untuk pelayanan kesehatan terbaik,” kata dr. Agus, mantan Direktur RSUD Paniai, kepada Jubi, Rabu (4/3/2020).

Walaupun telah berprestasi, Agus yang kini baru tiga bulan menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Paniai ini mengatakan perlu ada pembenahan atas kekurangan atas sejumlah sisi, terutama sumber daya manusia di lingkup RSUD yang berlokasi di Wouyebutu, Madi ini.

“Dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan lainnya yang berstatus ASN harus disekolahkan, dan tenaga honorer diprioritaskan menjadi ASN. Itu untuk memenuhi kebutuhan tenaga spesialis di masing-masing bidang dan sudah bersifat tenaga tetap,” katanya berharap.

Selain itu, menurut dia, spesialis yang sudah ada bisa diperhatikan lagi fasilitas dan kesejahteraanya.

“Prosentase peralatan sarana dan prasarana 13 ruangan masih minim, ya sekitar 69,5 persen. Ketersediaan tenaga dokter sudah lengkap, dan melayani fulltime 24 jam di rumah sakit yaitu dokter spesialis sebanyak 13 orang. Terdiri dari dua spesialis penyakit dalam, dua spesialis bedah, dua spesialis kandungan, tiga spesialis anak, satu spesialis anestesi, satu spesialis orthopedi, satu spesialis patologi klinik, satu spesialis jiwa yang dibantu oleh dokter umum sebanyak 14 orang dan dua orang dokter gigi,” ungkapnya.

Loading...
;

Selama enam tahun ia memimpin RSUD Paniai, banyak suka duka, senang susah, masalah solusi yang sudah dilalui bersama dengan banyak pencapaian.

“Terima kasih untuk semua doa, bantuan, dukungan dan masukannya untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan kedepannya. Saya mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan selama pelayanan kami sebagai Direktur RSUD Paniai. Tetap fokus dalam tugas dan menjalankan tanggung jawab dengan ikhlas demi masyarakat di Paniai dan Meepago,” ujarnya.

Direktur RSUD Paniai, dr. Grace Catherine, Sp.KJ mengatakan dirinya baru dua minggu bertugas setelah dilantik sehingga ia masih dalam tahap observasi dan evaluasi lebih detail mengenai sejumlah kondisi di RSUD tersebut.

“Jadi dokter saat ini masih dalam tahap observasi, dan evaluasi lebih detail lagi mengenai kondisi-kondisi yang ada di rumah sakit. Untuk menanggapi pertanyaan wartawan ini rasanya masih dini, jadi beri kesempatan dulu dokter untuk mempelajari situasi di rumah sakit ya,” katanya menanggapi empat pertanyaan wartawan Jubi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa