Follow our news chanel

Previous
Next

Ini imbauan Bupati Jayapura terkait selebaran FSMCD

Foto bersama Ikatan Keluarga Nusantara dan tokoh adat usai penyematan pita perdamaian - Jubi/Engel Wally  
Ini imbauan Bupati Jayapura terkait selebaran FSMCD 1 i Papua
Foto bersama Ikatan Keluarga Nusantara dan tokoh adat usai penyematan pita perdamaian – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Terkait surat edaran Forum Silaturahmi Masyarakat Cinta Damai (FSMCD) Kabupaten Jayapura yang berisikan kepedulian terhadap korban kerusuhan Wamena yang menyebakan ribuan orang mengungsi ke Sentani serta sejumlah orang merenggang nyawa dalam perstiwa tersebut, maka bentuk kepedulian yang akan dilakukan adalah menutup semua tempat usaha bagi para pedagang dan juga penyedia jasa selama dua hari yaitu pada Kamis dan Jumat (3-4 Oktober 2019).

Surat edaran pertama yang tanpa menyebutkan siapa penanggung jawab dan koordinator kegiatan tersebut sempat menghebohkan jagad media sosial beberapa hari lalu. Lalu muncul surat edaran yang sama, tetapi waktu pelaksanaannya hanya sehari saja, Kamis, 3 Oktober 2019.

Bersamaan dengan surat edaran yang kedua, pihak kepolisian menganggap hal ini penting untuk segera diredam, maka selanjutnya surat edaran tersebut dibatalkan oleh pihak FSMCD sendiri.Menanggapi hal tersebut, berikut imbauan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, melalui pesan Whatsappnya yang diterima Jubi pada Rabu (2/10/2019) siang di Sentani.

Pertama, aksi solidaritas biasanya dalam bakti/aksi sosial meringankan beban, bantuan bahan makanan, pesan atau aspirasi kepada pemerintah untuk hal ini tidak terulang lagi. Bukan aksi membuat orang yang tidak bersalah/terlibat jadi masalah. Masalah di tempat lain, orang lain yang tanggung akibatnya, ini tidak dibenarkan.

Kedua, izin usaha toko di Kabupaten Jayapura ada rambu-rambunya atau ketentuan yang harus dipatuhi. Barang siapa melanggar tentu ada sanksinya, bisa dicabut izin usahanya.

Ketiga, kepada masyarakat Kabupaten Jayapura diimbau untuk menjaga kerukunan, persaudaraan, kedamaian, jangan ikut-ikutan menebar kebencian, mengganggu ketentraman hidup bersama. Kita semua sepakat rawat Kabupaten Jayapura sebagai rumah kita sendiri. Zona integritas kerukunan adalah komitmen kita bersama, jagan ingkari janji kita.

Loading...
;

Keempat, kalau ada sekelompok orang di Sentani yang hendak menutup toko/kios karena ada ajakan orang lain, silakan sampaikan aspirasi kepada Bupati Jayapura, Pemkab Jayapura siap memfasilitasi. Jangan terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan, hoax, atau kebencian. Kalau saudara berhasil sebagai pengusaha di Papua atau di Sentani, berterima-kasihlah kepada daerah ini dengan membantu menebar kasih sayang, kekeluargaan yang rukun, dan persaudaraan.

Sementara itu, di Helebhey Obhe telah dilaksanakan penyamatan pita sebagai simbol perdamaian dan persaudaraan oleh 25 Ikatan Keluarga se Nusantara, seluruh tokoh-tokoh adat, masyarakat, pemuda, dan perempuan di Kabupaten Jayapura.

Inisiator kegiatan ini, Yanto Eluay, mengatakan untuk menyikapi situasi di Papua dan Papua Barat bahkan secara nasional, dan secara khusus di Sentani Kabupaten Jayapura, sudah ada banyak pengungsi yang datang dari Wamena akibat kerusuhan beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, sebagai Ondofolo di Sentani Kabupaten Jayapura, sudah kewajibannya untuk menjaga dan melindungi siapa saja yang datang ke tempat ini.

“Sudah dimandatkan bagi kami sebagai pemilik hak ulayat di sini secara turun temurun untuk menjaga dan melindungi siapa saja yang datang dan hidup di tempat kami. Oleh sebab itu, kami juga menyampaikan rasa bela sungkawa kami kepada semua saudara-saudara yang datang dari Wamena karena kejadian beberapa waktu lalu. Sebagai pimpinan dan tua-tua adat di sini, kami menjamin keamanan dan ketertiban selama di Sentani,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top