Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ini keluhan para petugas kebersihan di pasar Pharaa Sentani

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Aktivitas pengangkutan sampah di areal Pasar Pharaa Sentani sepertinya tidak ada kata jeda dan istrahat bagi petugasnya.

Siang itu, Rabu (29/8/2018), enam petugas membersihkan sampah dari sisa-sisa barang jualan milik ribuan pedagang di pasar terbesar di Kabupaten Jayapura ini. Ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mereka. Hanya ada satu truk untuk mengangkut sampah di pasar yang sangat luas tersebut.

Ini keluhan para petugas kebersihan di pasar Pharaa Sentani 1 i Papua

“Setiap hari ada tujuh hingga delapan tumpukan besar di areal pasar ini. Dan itu menjadi tugas kami untuk mengangkat dan membersihkannya,” ujar Frans, salah satu petugas yang sekaligus supir dari armada truk yang digunakan untuk mengangkat sampah.

Frans juga mengeluhkan kondisi truk yang digunakan saat ini. Truk keluaran tahun 1999 ini telah digunakan selama 19 tahun untuk mengangkut sampah di pasar Pharaa Sentani.

Menurutnya, tidak hanya soal armada saja tetapi jumlah petugas dan fasilitas pendukung lainnya harus dilengkapi untuk operasional pasar.

“Tujuh tumpukan besar sampah di pasar ini tentunya tidak dapat kami bersihkan dalam sehari. Baru satu hingga dua tumpuk saja truk sudah tidak sanggup. Kami istirahat, truk dibawa ke bengkel. Setelah truknya bisa digunakan, sudah ada lebih dari tujuh tumpukan sampah yang baru lagi,” jelasnya.

Loading...
;

Hal senada juga disampikan Aleksander, tenaga pengangkut lainnya. Dengan tenaga yang minim dan kondisi armada pengangkut seperti ini, kondisi pasar tidak akan bisa bersih dari sampah yang bertebaran.

“Melalui UPTD Pasar Pharaa hal ini sudah diusulkan kepada dinas dan Bapedda. Apakah di anggaran perubahan ini diakomodir atau tidak, tetapi harapan kami ada perubahan dan peningkatan dari saat ini. Harus ada armada baru minimal tiga unit dan petugas yang lebih banyak dari jumlah saat ini,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top