Follow our news chanel

Previous
Next

Ini mantan atlet Papua yang pantas bawa obor PON XX/2020

Lisa Rumbewas, atlet putri Papua peraih medali perak Olympiade Australia 2000 dan Athena 2004 - Jubi/merdeka.com
Ini mantan atlet Papua yang pantas bawa obor PON XX/2020 1 i Papua
Rully Nerre – Jubi/PSSI.org

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Pengawas dan Pengarah PON 2020 yang juga menjabat Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno, mengingatkan agar sedari sekarang sudah mulai menyiapkan personel atau tim yang akan bertugas sebagai pembawa obor maupun saat kirab budaya di Merauke.

“Hal-hal seperti itu juga harus sudah disiapkan. Jangan sampai nanti terlupa sementara fokus pada pembangunan sarana prasarana untuk kesiapan PON,” katanya sebagaimana dilansir Jubi dari laman resmi https://kemenkopmk.go.id

Pernyataan Ketua Pengawas dan Pengarah Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX tahun 2020 penting untuk disikapi mulai dari gallery persiapan pembukaan PON dan penutupan sampai siapa saja atlet senior Papua berprestasi selama pelaksanaan PON.

Berikut, Jubi mencoba menelisik para atlet senior Papua peraih medali emas PON, Sea Games, ASIAN Games, dan Olimpiade.

Adolina Rerei, mantan atlet peraih medali emas pertama bagi kontingan Papua di ajang PON VII di Surabaya dan pemecah rekor di nomor lempar lembing putri.

Ross Koibur adalah atlet putri Papua pertama yang meraih medali perunggu dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) VII di Surabaya, 1969. Saat itu mantan karyawati PT Telkom Papua itu mengikuti lomba renang gaya bebas 100 meter putri mewakili PON Irian Barat. PON VII merupakan partisipasi pertama tim Irian Barat dalam PON VII usai pelaksanaan Pepera 1969.

Loading...
;

Melly Mofu, atlet nomor cabang atletik lari gawang 400 meter putra ini meraih medali emas pada Sea Games X pada tahun 1979 di Jakarta. Melly Lofu juga pernah  menjadi duta obor pada “Torch Relay SEA Games 2011” untuk diarak keliling Kota Jayapura, Papua.

Benny Maniani, atlet tinju kelas menengah peraih medali emas pada Sea Games dan Juara Asia Games di Kuala Lumpur Malaysia tahun 1977. Selain Benny Maniani di tinju masih ada pula Carol Renwarin dan Simon Rumkabu.

Penina Karoba, peraih medali emas di cabang olahraga dayung pada Asian Games XII tahun 1994 di Hirosima Jepang.

Ini mantan atlet Papua yang pantas bawa obor PON XX/2020 2 i Papua
Erni Sokoy, peraih empat medali emas PON XIX Jawa Barat serta medali emas Sea Games dan Asian Games – Jubi/Dok

Erni Sokoy, mantan ratu dayung Papua peraih empat medali emas PON XIX Jawa Barat dan medali emas Sea Games Singapura.

Rully Nere, pesepak bola senior bersama timnas Indonesia meraih medali emas di Sea Games, Jakarta 1987. Salah satu gelandang timnas Indonesia berpengalaman, selain Rully masih ada alumni PON Jakarta 1993, Ferdinando Fairyo, Chris Leo Yarangga, Aples Tecuari, dan gol pantat David Saidui. Begitu pula rekan seangkatan Boaz T Solossa di PON Sumsel 2004, Christian Warabay, Korinus Fingkreuw, termasuk ell capitano Boaz T Solossa.

Imanuel Daundi mantan atlet peraih medali emas pada kejuaraan Dunia cabang olahraga Pencak Silat di Jakarta sebagai atlet terbaik.

Liza Rumbewas dan Nitya Krishinda Korwa

Ini mantan atlet Papua yang pantas bawa obor PON XX/2020 3 i Papua
Lisa Rumbewas, atlet putri Papua peraih medali perak Olympiade Australia 2000 dan Athena 2004 – Jubi/merdeka.com

Levi ayah kandung Liza Rumbewas dan Nitya Krishinda Korwa adalah saudara sepupu kandung dari Ida Korwa, ibu kandung dari Liza Rumbewas. Sedangkan Nitya Korwa mantan pebulutangkis ganda putri Indonesia ini putri kandung dari legenda pesepak bola Arema Malang, Perseman, dan Persipura, Stepanus Korwa, yang merupakan adik kandung Ida Korwa.

Raema Liza Rumbewas lahir di Jayapura 10 September 1980 peraih medali perak di Olympiade Sydney 2000 kelas 48 kg dan medali perak Olympiade Athena 2004. Meraih medali perak di World Champion dan Asian Games Busan 2002 meraih medali perunggu.

Saudara sepupu Liza Rumbewas, Nitya Krshinda Korwa, yang akrab disapa Titin juga seorang mantan atlet pebulutangkis nasional dan sekarang menekuni profesi barunya sebagai pelatih ganda putri di Pelatnas bulutangkis Indonesia persiapan Olympiade 2020 di Jepang.

Ini mantan atlet Papua yang pantas bawa obor PON XX/2020 4 i Papua
Nitya Krishinda Maheswary Korwa dan Grace Polii peraih medali emas Asian Games Korea Selatan 2014 – Jubi/badminton.org

Putri kandung almarhum Stephanus Korwa ini lahir di Blitar, 16 Desember 1988, pernah meraih medali emas Asian Games 2014 Incheon Korsel, saat itu berpasangan dengan Greysia Polii. Menang juga di Taipei open GPG 2014, juara Taipei Open GPG 2015.

Levi Rumbewas atlet senior Papua ini termasuk legenda bina raga Papua. Levi Rumbewas adalah seorang olahragawan atau atlet binaraga Indonesia yang terkenal pada tahun 80-an dan 90-an. Ia pernah dinobatkan sebagai binaragawan terbaik Indonesia

Franklin Burumi dan Serafi Unani

Atlet Papua Franklin Burumi dalam Sea Games 2011 Palembang berhasil meraih tiga medali emas masing masing di nomor 100 meter, 200 meter, dan 4×100 meter estafet putra. Sedangkan spriter putri Papua Serafi Aneles Unani atlet dari Jawa Timur meraih medali emas dalam nomor bergengsi dari cabang olahraga atletik tak lain ialah lari 100 meter. Dalam urusan nomor 100 meter putri, Indonesi

a pernah mencatatkan sejarah lewat nama sprinter Serafi Anelies Unani, Sea Ganes 2011 Palembang.

Serafi Unani berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan 11,69 detik sekaligus menyabet medali emas SEA Games, yang dinantikan Indonesia selama 12 tahun lamanya. Kala itu, ia pun dijuluki sebagai perempuan tercepat di Asia Tenggara.

Inilah para atlet menurut penilaian Jubi pantas membawa obor pembukaan PON ke XX, 2020 namun semuanya tergantung panitia pelaksana PON 2020.Memang masih banyak atlet terbaik Papua lainnya tetapi ini yang berhasil dipantau bidang penelitian dan dokumentasi Jubi.co.id. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top