HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ini model pelayanan kependudukan Payakumbuh di tengah ancaman Covid-19

Ilustrasi Perekaman E-KTP – IST

Masyarakat yang ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan diwajibkan melakukan pengajuan melalui aplikasi Whats’app ke nomor telepon genggam yang telah ditentukan Disdukcapil.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Payakumbuh, Jubi – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mengubah tata cara pelayanan administrasi kependudukan, salah satunya tidak lagi menerima berkas pengajuan melalui loket layanan. Langkah itu dilakukan dalam rangka mengurangi risiko penyebaran Covid-19, termasuk pembatasan layanan sampai waktu yang belum ditentukan.

“Sebelumnya sempat melakukan pelayanan untuk bersifat urgen. Sekarang pembatasan layanan diubah tata caranya,” kata Kepala Disdukcapil Payakumbuh, Yunida Fatwa, Senin, (30/3/2020) kemarin.

Baca juga : Banjir hentikan layanan kependudukan daerah ini

Animo warga mengurus dokumen kependudukan cukup tinggi

Pemprov Papua harap sensus penduduk 2020 wujudkan satu dataย kependudukan

Loading...
;

Menurut Yunida, masyarakat yang ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan diwajibkan melakukan pengajuan melalui aplikasi Whats’app ke nomor telepon genggam yang telah ditentukan Disdukcapil.

“Kami resmi menutup penerimaan pengajuan pengurusan dokumen kependudukan melalui loket di Disdukcapil ataupun di Mal Pelayanan Publik,” ujar Yunida menambahkan.

Disdukcapil menyediakan tiga nomor telepon genggam yang telah terhubung dengan Whats’app untuk melayani masyarakat. Ketiga nomor tersebut, yakni 085668972877, 085668972778 dan 085668972779.

Masing-masing nomor tersebut memberikan pelayanan yang berbeda. Yakni melayani penerbitan dokumen pendaftaran penduduk, seperti KTP-el, Kartu Keluarga, KIA dan Surat Pindah. Melayani penerbitan akta pencatatan sipil seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian dan lainnya serta melayani pelayanan pengaduan NIK untuk keperluan BPJS, perbankan dan hal lainnya.

“Masyarakat tinggal mengontak nomor tersebut melalui pesan. Contohnya masyarakat yang ingin mengurus kartu keluarga, tinggal mengirim pesan Daftar KK ke nomor yang ditentukan,” katanya.

Baca juga  Terima gaji ganda, PNS Pemkab Pidie ini dihukum tiga tahun lebih

Admin nomor tersebut akan merespon dan meminta masyarakat yang mengajukan untuk melengkapi syarat dengan memfoto atau menscaner dokumen asli. Jika dokumen yang diperlukan selesai, admin akan memberi pemberitahuan kepada masyarakat.

Pada saat mengambil ini lah masyarakat harus membawa dokumen yang menjadi syarat. Kami menyediakan loket khusus untuk ini yang langsung diberitahu oleh admin,” ujar Yunida menjelaskan.

Masing-masing pelayanan saat ini juga diberikan batas kuota pelayanan, untuk KK ada 30 kuota, KTP-el 30 kuota, KIA 30 kuota, surat pindah 10 Kuota, akta kelahiran 20 kuota, akta kematian 20 kuota, akta lainnya 10 kuota dan pengaduan NIK 20 kuota.

Sedangkan perekaman KTP-el memang kita tunda pelaksanaannya, saat ini khusu untuk yang urgen saja, seperti BPJS, perbankan, rumah sakit, imigrasi dan perpajakan yang sebelumnya juga telah mendapatkan surat rekomendasi. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa