Ini pesan Pastor Alan Nafuki untuk Papua

Vanuatu West Papua Unification and Association Committee
Ungkapan duka cita atas berpulangnya Ketua Vanuatu West Papua Unification and Association Committee atau VWPUAC, Pastor Alan Nafuki. - IST

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Direktur Eksekutif United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Markus Haluk, menyampaikan isi pesan Pastor Alan Nafuki pada April 2016 di Gereja Presbitarian Vanuatu.

“ULMWP rumah besar Papua. Papua rumah besar dan masa depan Melanesia. Saya bersama Vanuatu senantiasa setia bersama West Papua untuk mendapatkan hak politik bangsa Papua, dan hak kemerdekaannya,” katanya, kepada Jubi melalui pesan WhatsApp, Minggu (20/6/2021).

Haluk mengatakan pesan Pastor Alan Nafuki bahwa perjuangan bangsa Papua telah memakan waktu panjang dan banyak pengorbanan, tetapi jangan sekali kali putus harapan sebab Tuhan tidak pernah tidur untuk bangsa Papua.

“Doa orang Vanuatu, Melanesia, dan Papua untuk kemerdekaan pasti akan terjawab dalam waktu Tuhan,” katanya.

Haluk mengingat kembali pesan energik Pastor Alan Nafuki yang mengabdikan dirinya semasa muda hingga wafaf, untuk terlibat berjuang mengusir Indonesia keluar dari Papua.

“Saya ingat, setelah selesai pendidikan seminari, datang di gereja ini, Presbitarian. Di gereja ini, kami bicarakan hak politik kami dan pada 1980 melalui Pendeta Water Lini dan Barack Zope umumkan dan proklamirkan kemerdekaan Vanuatu. Saya sebagai anak muda setelah selesai pendidikan di Maden PNG, tiba di sini dan mendesak para pemimpin Vanuatu untuk umumkan kemerdekaan West Papua,” katanya.

Ia menambahkan Gereja Presbitarian menjadi saksi dan tempat proklamasi Vanuatu. “Anda tidak salah tempat, hati dan perjuangan anda dan saya, Tuhan akan mengabulkanya. Hari ini kita kibarkan Bendera Bintang Fajar, di depan gereja bersejarah ini. Bintang Fajar ini akan terus berkibar sampai seluruh West Papua bebas dan merdeka,” kata Haluk mengutip perkataan Pastor Alan Nafuki.

Loading...
;

Kabar berpulangnya Pastor Alan Nafuki menyebar luas di Papua. Juru Bicara Komite Aksi ULMWP, Ice Murib, turut pula menyampaikan rasa duka citanya.

“Kami rakyat Papua korban penjajahan Indonesia merasa kehilangan atas berpulangnya pejuang kemerdekaan Papua di Vanuatu. Tuhan Allah bangsa Papua menyebutmu di surga,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top