Inilah para pemenang lomba penulisan cerita rakyat Jubi

Foto ilustrasi, logo ulang tahun Jubi ke-18. -IST
Inilah para pemenang lomba penulisan cerita rakyat Jubi 1 i Papua
Foto ilustrasi, logo ulang tahun Jubi ke-18. -IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dewan juri lomba penulisan cerita rakyat pada Hari Ulang Tahun Jubi ke-18 mengumumkan para pemenang lomba itu. Cerita rakyat berjudul “Raksasa Kregok” karya Edwil Paliunus Wagab terpilih menjadi juara 1 lomba penulisan cerita rakyat itu. Sementara juara dua dan juara tiga berturut-turut diraih cerita rakyat berjudul “Kasas Wombik dan Ken Tosara” (karya Frianapatri M Osok) dan “Cerita dari Marga Sabami-Mor” (karya Mozard Rumbiak).

Selain memilih tiga pemenang utama, dewan juri juga mengumumkan lima  karya yang menjadi nominator pemenang harapan lomba penulisan cerita rakyat itu. Kelima karya yang menjadi nominator pemenang itu adalah “Kisah Anjing Ureks” (karya Beyum A Baru), “Noken Marind Anim” (karya Hyasint Asalang), “Batu Menangis” (karya Grets Walilo), serta “Asal Mula Tari Tumbu Tanah” dan “Man Dunia” (karya Indah E. F. Wainsaf).

Pegiat budaya dan pendiri Komunitas Sastra Papua (Ko’Sapa), Andy Tagihuma selaku juri lomba itu menyatakan ketiga pemenang lomba dan lima nominator lainnya memenuhi kriteria terpenting dalam penilaian para juri, yaitu keaslian atau orisinalitas tulisan cerita rakyat. Ia menyatakan 90 persen karya yang masuk nominasi pemenang adalah karya orisinal.

“Selain orisinil cerita, mereka juga mencantumkan nama penutur cerita rakyat [yang ditulis]. Mereka mampu menjelaskan cerita tersebut dengan sangat baik dan mudah dipahami alurnya, sehingga mereka keluar sebagai pemenang dalam lomba cerita rakyat,” katanya.

Tagihuma menyayangkan banyak peserta lomba mengirimkan tulisan yang menjiplak berbagai cerita rakyat yang telah dipublikasikan. “Dari awal [tulisan seperti itu langsung] dinyatakan tidak lolos, sebagaimana ketentuan panitia penyelenggara lomba,” kata Tagihuma.

Senada dengan Tagihuma, dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Universitas Cenderawasih, Aleda Mawene selaku dewan juri juga menyebut mengatakan tiga tulisan terbaik dan lima nominasi lainnya memenuhi kriteria keaslian. “Orisinal cerita dan sumber ceritanya yang tercantum. Mengenai tata bahasanya, kalau dalam lingkup Papua mudah dimengerti. Apabila direncanakan untuk membuat buku, nanti dibahasakan ulang agar bisa dibaca oleh kalangan luas,” katanya.

Loading...
;

Aleda mawene mengatakan sudah seharusnya cerita rakyat Papua dituliskan oleh anak-anak daerah itu sendiri, sebab mereka yang mengetahui cerita rakyat tersebut. Tulisan cerita rakyat itu sebaiknya juga dibukukan.

“Kegiatan ini semoga memberikan inspirasi bagi generasi muda Papua untuk menuliskan folklor yang ada. Tulisan itu bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran oleh generasi muda Papua. Sebab dalam cerita itu mengandung nilai nilai kebudayaan, kehidupan, yang sangat hidup dan jika, mereka hidup berdasarkan pedoman itu maka akan memiliki krakter yang khas,” katanya.

Penaggung jawab lomba penulisan cerita rakyat itu, Benny Mawel mengatakan lomba penulisan itu digelar untuk memeringati Hari Ulang Tahun Jubi ke-18. Mawel memohon maaf atas keterlambatan pengumuman para pemenang lomba penulisan cerita rakyat itu.

“Saya mohon maafm karena satu dan lain hal [pengumuman pemenang lomba penulisan cerita rakyat] molor. Kami sebagai panitia menyampaikan terimakasih kepada peserta yang sudah berpartisipasi dalam lomba menulis cerita rakyat itu,” katanya.

Mawel juga menyampaikan terima kasih kepada PT. Jujur Bicara Papua yang telah menyelenggarakan lomba penulisan itu. “Bila Tuhan berkenan, kami akan mencetak tulisan cerita rakyat itu menjadi buku, sebagai sumbangsih terhadap dunia pendidikan dan pengembangan seni budaya di tanah Papua,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top