Follow our news chanel

Previous
Next

Inilah venue PON 2020 di kampus Uncen Kota Jayapura

Lapangan Mahacandra di Kampus Baru Waena - Jubi/Dam
Inilah venue PON 2020 di kampus Uncen Kota Jayapura 1 i Papua
Lapangan Mahacandra di Kampus Baru Waena – Jubi/Dam

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Siang itu, Senin (20/1/2020), jurnalis Jubi menelusuri salah satu venue PON Papua 2020 di Stadion Mahacandra milik Universitas Cenderawasih (Uncen) di Kampus Baru Waena Kota Jayapura. Tampak aktivitas berjalan seperti biasa, hanya tak ada truk muatan material bangunan yang keluar masuk proyek.

Tanpa melapor kepada pos penjagaan, karena memang tak petugas yang berjaga jaga, Jubi langsung meninjau lapangan. Dari jauh tampak tribun utama, lintasan lari untuk atlet, dan tiang gawang Stadion Mahacandra

Pantauan Jubi di lapangan sepak bola Mahacandra Waena, lintasan atletik sudah terpasang rapi tinggal sentuhan terakhir. Sementara tribun masih belum selesai dikerjakan, begitupula rumput lapangan masih dalam proses penananaman dan pemeliharaan.

Lapangan Mahacandra Uncen  sudah dilengkapi dengan lintasan atletik sesuai standar yang ditetapkan oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik. Asosiasi Internasional Federasi Atletik, atau disingkat IAAF  atau dalam bahasa Inggris adalah International Association of Athletics Federations.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Papua, Corneles Sagrim, kepada Antara mengatakan pengerjaan lapangan sepak bola Uncen ini masih terus dikerjakan dan diharapkan bisa digunakan dalam PON 2020. Dana untuk membangun Stadion Mahacandra Uncen sebesar Rp46,571 miliar

Jubi mengutip dari laman resmi https://www.pu.go.id/berita Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai mengerjakan pada 8 Juli 2019 meliputi pembangunan tribun lapangan sepak bola, penataan area di sekeliling bangunan tribun lapangan sepak bola, pembangunan kolam renang, dan penataan lansekap di sekitar kawasan perencanaan dengan progres konstruksi mencapai 53,6 persen.

Loading...
;

Audiotorium Uncen

Inilah venue PON 2020 di kampus Uncen Kota Jayapura 2 i Papua
Gedung Utama Audiotorum Uncen di Kampus Lama Abepura – Jubi/IST

Audiotorium Uncen sendiri diresmikan pada 29 September 2009 dan biasanya digunakan untuk acara wisuda, mampu menampung puluhan ribu mahasiswa. Selain itu digunakan pula untuk seminar dan hajatan pesta nikah bagi umum jika ingin menyewa.

Audiotorium Uncen rencananya untuk venue PON cabang biliard. Ketua Umum Pusat Persatuan Olahraga Biliard  Seluruh Indonesia (PBSI), Robby Suarli, telah berkunjung dan mengakui kalau ruangannya sangat luas dengan panjang 50 meter dan lebar 30 meter.

Hanya saja, kata Robby Suarli, penerangan di dalam ruangan audiotorium Uncen harus ditambah lagi pencahayaannya agar membantu para atlet dan juri dalam bertanding.

Sementara itu, Agus Fakaubun, menambahkan cabor billiard bakal mempertandingan 18 nomor untuk putra/putri, dimana 16 nomor pertandingan putra dan dua  nomor pertandingan putri.

GOR Uncen

Selain lapangan sepak bola Mahacandra dan Audiotorium Utama, Universitas Cenderawasih juga memberikan faisilitas berupa Gedung Olahraga di belakang lapangan sepak bola Trikora Abepura. Saat ini masih dalam renovasi dan diharapkan sudah siap digunakan dalam PON Papua 2020. Pertandingan yang akan dilakukan dalam GOR Uncen ini pertandingan sepak takrauw. Sebelumnya GOR Uncen pernah digunakan untuk turnamen tinju Piala Rektor di bawah pembinaan dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Uncen.

Sekadar catatan, kampus Universitas Cenderawasih memiliki dua kampus di kampus baru Waena terdapat venue lapangan Mahacandra. Sedangkan kampus baru di Abepura terletak dua venue PON Audiotorium Utama dan GOR Uncen. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top